Sukses

Bareskrim Kantongi Identitas Pemilik Akun @koprofilJati Penghina Iriana Jokowi

Penyidik Bareskrim Polri masih menyelidiki kasus dugaan penghinaan terhadap Ibu Negara Iriana Jokowi. Namun polisi mengklaim telah mengantongi identitas pelaku.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Bareskrim Polri telah mengantongi identitas pemilik akun Twitter @koprofilJati yang diduga menghina atau mengolok Ibu Negara Iriana Jokowi lewat unggahannya. Saat itu, Iriana tengah berpose bersama istri Presiden Korea Selatan di sela-sela kegiatan KTT G20 di Bali.

"Masih dalam proses penyelidikan. Identitas terduga pelaku sudah kita dapatkan," kata Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri Brigjen Pol Adi Vivid Agustiadi Bachtiar saat dihubungi, Sabtu (19/11/2022).

Namun Vivid masih enggan mengungkap identitas asli pemilik akun Twitter @koprofilJati yang telah diidentifikasi tim patroli siber jajaran Dittipidsiber Bareskrim dan Subdit Siber Ditreskrimsus di seluruh Polda se-Indonesia.

"Patroli tersebut dilakukan secara rutin agar tidak ada ruang bagi masyarakat untuk menyebarkan hal-hal yang negatif serta bisa berimplikasi hukum terhadap pelanggar," katanya.

Oleh sebab itu, Vivid mengimbau kepada seluruh masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial agar hanya dipakai untuk hal-hal yang positif.

"Jangan disalahgunakan untuk menyebarkan SARA, penghinaan, pornografi, kebencian serta hal negatif lainnya. Apabila tetap dilakukan maka akan kami proses sesuai ketentuan hukum yang berlaku," katanya menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Heboh Cuitan @koprofilJati Hina Iriana Jokowi

Sebelumnya, heboh sebuah akun Twitter dianggap mengolok Iriana Jokowi ketika sedang berfoto dengan istri Presiden Korea Selatan, Kim Kun-hee.

Sambil mengunggah foto tersebut, akun @koprofilJati menyertakan tulisan. “Bi, tolong buatkan tamu kita minum,” Baik, Nyonya.” tulis akun tersebut.

Sontak unggahan tersebut mengundang beragam respons dari warganet hingga viral, tak terkecuali putra sulung Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep yang gusar dengan postingan tersebut. 

Meskipun dalam kondisi marah, Kaesang rupanya tidak bertindak berlebihan karena mendapatkan pesan dari sang ibu untuk sabar.

“Habis diWA sama ibuk disuruh sabar. Yowes aku sabar,” cuit Kaesang di Twitter.

Kharisma Jati, sosok pengunggah cuitan viral tersebut pun sudah menghapus cuitannya dan meminta maaf melalui unggahan Facebook.

Ia juga mengatakan siap menerima dengan lapang dada segala macam hukuman yang adil dan setimpal.

“Dan jika dari pihak terkait bermaksud mengadakan tuntutan hukum maka saya akan menerima dengan lapang dada atas segala hukuman yang adil dan setimpal,” tulis Kharisma Jati.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.