Sukses

Politikus PPP Beberkan Kriteria Capres yang Bakal Diusung KIB

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengungkap sejumlah kriteria calon presiden yang bakal diusung KIB. Elektabilitas bukan menjadi yang nomor satu.

Liputan6.com, Jakarta - Tim kecil yang terdiri dari Golkar, PPP, dan PAN sedang membahas kriteria calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) yang akan diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengungkap sejumlah kriteria calon presiden yang bakal diusung KIB. Elektabilitas bukan menjadi yang nomor satu.

"Sebenarnya kriteria umum yang dimiliki KIB, pertama adalah integritas. Kedua, memiliki kapabilitas atau kemampuan," ungkap politikus yang akrab disapa Awiek kepada wartawan, Kamis (17/11/2022).

Syarat berikutnya adalah tokoh yang diusung memiliki komitmen keummatan dan kerakyatan.

"Karena itu nanti kebijakan yang dihasilkan tentu pro rakyat," ujar Awiek.

Namun, perlu diakui bahwa elektabilitas juga menjadi bagian penting kriteria calon presiden yang diusung. Selain itu, kata Awiek, calon presiden harus memiliki pengalaman memimpin.

"Selanjutnya adalah pengalaman, pengalaman memimpin, tentu bukan pengalaman sebagai Presiden. Pengalaman memimpin bisa partai, berorganisasi, birokrasi, kepala daerah, pemerintahan atau menteri," jelas wakil ketua Baleg DPR RI ini.

Sementara, KIB saat ini punya visi misi Program Akselerasi Transformasi Ekonomi Nasional (PATEN). Gagasan dilahirkan sebelum KIB mengumumkan siapa calon Presiden mereka.

Diberitakan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tengah membahas mengenai calon presiden dan calon wakil presiden 2024. Kriteria calon presiden dan calon wakil presiden KIB sedang dibahas oleh tim kecil antara Golkar, PPP dan PAN.

"Kita masih terus ada pertemuan kecil dan terbatas, ada semacam tim kecil yang membahas soal apa saja yang akan dilakukan atau agenda yang bakal dilakukan KIB dalam waktu ke depan," ujar Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 15 November 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KIB Segera Umumkan Capres

Lanjut, Doli mengamini pernyataan Sekjen PAN Eddy Soeparno bahwa KIB segera mengumumkan calon presiden dalam agenda besar berikutnya. Namun, tidak pas disampaikan sekarang.

"Ya tunggu aja. Kalau kejutan disampaikan sekarang ya bukan kejutan namanya," ujarnya.

Pengumuman calon presiden dari KIB akan diumumkan dalam momentum yang tepat. Sementara diskusi untuk mencari calon presiden terus dilakukan bersama-sama koalisi.

"Ini kan masih dinamis perkembangan terus akan didiskusikan. Seperti yang sudah disampaikan tiga ketum termasuk Pak Airlangga, ada momentumnya nanti akan disampaikan," kata Doli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.