Sukses

Pos Indonesia Salurkan BSU, Cepat dan Utuh Tanpa Potongan

Bantuan subsidi upah (BSU) tahap 7 mulai dicairkan pada November 2022. Pekerja yang tidak memiliki rekening di Bank Himbara dapat mencairkan BSU melalui Kantorpos.

Liputan6.com, Jakarta - Bantuan subsidi upah (BSU) tahap 7 mulai dicairkan pada November 2022. Pekerja yang tidak memiliki rekening di Bank Himbara dapat mencairkan BSU melalui Kantorpos.

PT Pos Indonesia (Persero) digandeng Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menyalurkan BSU kepada 3,6 juta pekerja. Demi percepatan penyaluran, PT Pos Indonesia membuka layanan di seluruh Kantorpos dari Senin hingga Jumat, pukul 08.00-20.00.

“PT Pos Indonesia membuka layanan penyaluran BSU setiap hari, termasuk hari Sabtu dan Minggu,” kata Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi.

Selain disalurkan melalui Kantorpos, PT Pos Indonesia mencairkan BSU melalui komunitas (perusahaan atau instansi) tempat pekerja berkumpul, dan petugas Kantorpos yang mendatangi bila ada pekerja yang sakit.

Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia Haris menambahkan pihaknya telah menyalurkan BSU serentak sejak 2 November 2022. PT Pos Indonesia melakukan berbagai strategi agar target penyaluran bisa tuntas sebelum akhir November, yaitu dengan melakukan sosialisasi di berbagai media elektronik, online, cetak dan media sosial, menambah waktu pelayanan hingga pukul 20.00 WIB hingga Sabtu dan Minggu di Kantorpos. "Kami juga menambah petugas atau juru bayar serta mendatangi perusahaan atau komunitas," kata Haris.

Perpanjangan jam pelayanan Kantorpos ini dilakukan agar tidak mengganggu jam kerja para pekerja. Tak hanya itu, dengan menerapkan sistem yang terorganisir dengan baik, proses pengambilan BSU di Kantorpos pun terbilang cepat dan efisien. Uang BSU sebesar Rp600 ribu pun diserahkan kepada penerima tanpa potongan apapun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Dicairkan Akhir Pekan

Para pekerja yang berhak menerima BSU banyak yang memilih mencairkan dana di Kantorpos pada hari Sabtu dan Minggu. Misalnya, Suripto. “Saya ambil BSU hari Minggu di Kantorpos. Saya merasa dipermudah karena Kantorpos buka Sabtu dan Minggu, tidak mengganggu jam kerja,” kata Suripto yang mengambil BSU di Kantorpos Bandar Lampung.

Uang BSU sebesar Rp600 ribu yang diterimanya akan dipakai Suripto untuk membeli sembako dan memenuhi kebutuhan rumah tangga.

“Terima kasih Pak Jokowi atas bantuannya. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pos Indonesia karena sangat membantu sekali, pelayanan cepat dan bagus. Terima kasih juga kepada Ibu Menaker Ida Fauziyah. Harapan saya bisa dapat BSU lagi karena sangat membantu pekerja yang mendapat gaji standar UMR,” katanya.

Penerima BSU lainnya, Adi Puput Pilingan, juga mengambil di hari Minggu. Ia membawa serta anaknya karena sekalian jalan-jalan.

“Kantorpos hari Minggu tetap buka. Sangat membantu karena jadwal libur saya tidak tentu, bergantung jadwal. Dengan adanya jam pelayanan di hari Minggu mempermudah kita mengambil BSU,” kata Adi.

Lebih lanjut Adi menuturkan harapannya agar pemerintah tak hanya memberikan bantuan subsidi, namun juga menurunkan harga BBM.

“Harapannya ke depan harga-harga jangan naik terus. Karena kalau harga naik, bantuan seperti ini tidak menjadi pemecah masalah. Harga BBM semoga bisa stabil karena menjadi jantungnya usaha. Kalau harga BBM naik, semua harga barang ikut naik,” katanya.

Mendapatkan BSU di tengah lonjakan harga BBM, Adi mengucapkan syukur. Ia akan menggunakan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Alhamdulillah, saya terima Rp600 ribu. Bantuan ini meringankan beban di tengah melonjaknya harga-harga akibat kenaikan BBM. Berdampak terhadap masyarakat bawah. Terima kasih kepada Presiden Jokowi, dan Menaker Ida Fauziyah. Saya sangat terbantu,” ujarnya.

Aisyah Yulika Saputri, penerima BSU di Kantorpos Bandar Lampung, mengapresiasi pelayanan cepat dan ramah dari petugas.

“Pelayanan di Kantorpos cepat dan ramah. Saya menunjukkan KTP asli dan akun Pospay untuk verifikasi data, terus terima uangnya di loket. Cepat banget, enggak sampai 5 menit,” kata Aisyah.

Aisyah berharap pemerintah akan terus menyalurkan bantuan subsidi secara rutin.

“Harapannya bisa terima BSU setiap bulan. Uang ini akan dipakai untuk membeli kebutuhan anak. Terima kasih kepada Presiden Jokowi, saya sudah dikasih bantuan BSU. Terima kasih juga Kantorpos, pelayanannya cepat banget,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BSU adalah singkatan dari Bantuan Subsidi Upah, ini merupakan program dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

    BSU