Sukses

Korsel Susul Jepang dan Inggris Ikut Proyek MRT Jakarta

Setelah Jepang dan Inggris, Korea Selatan menyusul bergabung dalam proyek pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase 4 usai Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono menandatangani nota kesepahaman dalam rangkaian KTT G20 di Bali, Senin 14 November 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Jepang dan Inggris, Korea Selatan menyusul bergabung dalam proyek pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase 4 usai Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono menandatangani nota kesepahaman dalam rangkaian KTT G20 di Bali, Senin 14 November 2022.

"Kemarin (14/11/2022), saya juga menghadiri penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan tentang pembangunan MRT Jakarta Fase 4 dengan lintas Fatmawati-Kampung Rambutan," kata Heru Budi dalam keterangannya, Selasa (15/11/2022).

Heru menyampaikan bahwa pembangunan MRT Jakarta Fase 4 menjadi salah satu upaya mengembangkan moda transportasi publik berorientasi transit di Ibu Kota. Heru berharap upaya ini dapat meningkatkan pengguna transportasi umum di Jakarta.

"Semoga upaya ini dapat mendorong perubahan perilaku dan gaya hidup masyarakat dalam bertransportasi ramah lingkungan dan berkelanjutan, selain juga bisa menjadi solusi untuk mengurai kemacetan," kata Heru.

Penandatanganan ini dihadiri oleh Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi. Dari Korea Selatan ada Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Won Hee-Ryong. Ada pula Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tindak Lanjut

MoU dengan Korea Selatan ini merupakan tindak lanjut pembicaraan pada kegiatan 28th ASEAN Transport Minister Meeting yang diselenggarakan pada 16-17 Oktober 2022 lalu di Bali.

Diketahui, dalam pertemuan bilateral tersebut, Korea Selatan menyampaikan minatnya untuk berpartisipasi membangun MRT Jakarta Fase 4 dengan lintas Fatmawati-Kampung Rambutan.

Saat ini, Jepang, Inggris, dan Korea Selatan menjadi mitra strategis Indonesia dalam banyak kerja sama di berbagai bidang, termasuk sektor transportasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.