Sukses

Diresmikan Jokowi dan MBZ, Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo Bisa Tampung 10 Ribu Jemaah

Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo ini merupakan hadiah dari Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) untuk Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden Uni Emirate Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo Jawa Tengah, Senin (14/11/2022). Masjid ini merupakan hadiah dari MBZ untuk Jokowi.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, Adib, mengatakan bahwa Masjid Raya Sheikh Zayed ini merupakan miniatur dari Masjid Sheikh Zayed yang ada di Abu Dhabi, UEA.

Masjid hadiah untuk Presiden Jokowi tersebut dibangun di atas lahan seluas 3 hektare dengan kapasitas sekitar 10 ribu jemaah.

"Ini adalah merupakan hibah atau hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab untuk Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo," kata Adib dikutip dari siaran pers, Senin (14/11/2022).

Menurut dia, masjid tersebut nantinya akan dikelola oleh Badan Pengelola Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang dibentuk oleh pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri Agama.

Presiden RI Jokowi dan Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) bersama sejumlah pejabat dari kedua negara berpose di halaman Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo, Jawa Tengah. Masjid yang baru diresmikan ini merupakan hadiah dari MBZ untuk Jokowi. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Adib berharap Masjid Raya Sheikh Zayed ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekitar Kota Surakarta, Jawa Tengah, bahkan seluruh Indonesia.

"Mari kita bersama-sama memakmurkan masjid dan keberadaan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini akan menjadi ikon baru di Solo khususnya, tidak hanya sebagai pusat syiar agama, tetapi juga menjadi pusat destinasi wisata religi baru di Solo khususnya dan di Jawa Tengah pada umumnya," jelas Adib.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa masjid ini mampu menampung sekitar 10.000 jemaah. Selain itu, kata dia, masjid ini menjadi pusat pengajaran Islam di Kota Solo.

"Masjid Raya Syeikh Zayed akan menjadi simbol persahabatan dua negara muslim terbesar di dunia," kata Gibran dikutip dari akun twitternya, Senin (14/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Ajak MBZ Mampir ke Rumah Pribadinya di Solo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak Presiden Uni Emirate Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) untuk sarapan di rumah pribadinya yang ada di Solo, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022).

Momen ini terjadi usai Jokowi dan MBZ meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo pada Senin pagi tadi.

Berdasarkan foto dari Fotografer Pribadi Presiden, MBZ bergerak menuju kediaman pribadi Presiden Jokowi yang ada di kawasan Kampung Sumber Solo untuk makan pagi bersama. Dalam foto itu, tampak Jokowi didampingi putra sulungnya yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.  

Kemudian, ada putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep. Ada pula menantu Jokowi yang juga Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Mereka tampak mengenakan baju batik. Jokowi dan MBZ terlihat duduk di meja makan. Keduanya juga tampak berbincang bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.