Sukses

Sekjen PDIP: Asia-Afrika Harus Bersatu Atasi Krisis Pangan hingga Ekonomi Dunia

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan sejumlah usulan kepada negara-negara Asia-Afrika dan Amerika Latin.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan sejumlah usulan kepada negara-negara Asia-Afrika dan Amerika Latin. Hal itu disampaikan Hasto pada sesi menghadiri Konferensi “Bandung-Belgrade-Havana in Global History and Perspective”, di Surabaya, Jumat (11/11/2022).

Hasto mengatakan harus dipastikan adanya stabilitas politik Asia agar hidup berdampingan secara damai bisa diwujudkan.

“Serta tekad untuk membangun persaudaraan dunia tanpa perang harus dibangun ke dalam budaya Asia yang menjadi dasar filosofi penyelenggaraan negara,” kata Hasto.

Kedua, usul Hasto, semua diplomasi luar negeri, pertahanan, perdagangan, dan diplomasi budaya, diarahkan untuk lebih mewujudkan karya nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, kesejahteraan, dan penghormatan terhadap kesetaraan setiap negara dalam institusi dunia, serta untuk membangun solidaritas antar bangsa.

Ketiga, semua pihak harus melihat tantangan-tantangan yang ada, dunia yang dipelopori oleh Asia harus mencari solusi pangan dan energi.

“Di sinilah Asia harus bersatu dan merangkul kekuatan Afrika dan Amerika Latin serta negara-negara cinta damai, untuk mengatasi krisis pangan, energi, dan ekonomi dunia,” ujarnya.

Keempat, pentingnya memprioritaskan negosiasi untuk pengurangan belanja militer, pencegahan senjata pemusnah massal. Ini harus selalu dikampanyekan. Di sisi lain, penguatan PBB untuk mendorong reformasi sistem keamanan dan ekonomi dunia harus ditempatkan sebagai agenda utama serta memperkuat kewenangan PBB.

“Dan ini untuk mencegah konflik di seluruh belahan dunia. Berdasarkan agenda tersebut, pemikiran Soekarno untuk mereformasi PBB realistis untuk dimunculkan kembali,” tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Soal Geopolitik, Geostrategi, dan Geoekonomi

Selanjutnya, dalam hal geopolitik, geostrategi dan geoekonomi, harus ada pengakuan bahwa setiap negara adalah unik. Keunikan ini karena perbedaan sumber daya alam, kemampuan teknologi dan ekonomi, akses pasar, dan sumber daya permodalan yang dapat menjadi modal dasar bagi suatu kerjasama.

“Selain itu, kerja sama harus diperkuat untuk mempromosikan isu ekologi dan mengurangi semua dampak pemanasan global,” imbuh Hasto.

Keenam, lanjut Hasto, setiap bangsa diminta untuk memajukan kerjasama pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlandaskan pada kemanusiaan, termasuk pentingnya alih teknologi dalam rangka memperjuangkan taraf hidup umat manusia.

“Struktur keuangan dunia perlu dipikirkan kembali. Apa yang diprakarsai oleh Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan melalui pendirian New Development Bank. Usulan ini sangat menarik untuk mengatasi berbagai wajah “kolonisasi baru” yang muncul akibat dominasi modal yang tidak adil, serta kolonialisme data,” urai Hasto.

Yang jelas, lanjut Hasto, seluruh gagasan di atas membutuhkan kehadiran seorang pemimpin negarawan yang memiliki visi membangun dunia baru, dan memiliki karakter untuk mempromosikan kolaborasi, kerjasama antar bangsa.

“Asia bersama Afrika dan Amerika Latin dalam semangat Konferensi Asia Afrika dan Gerakan Nonblok, serta Konferensi Tri-Kontinental harus bersatu untuk mengubah dunia, mengedepankan wajah kemanusiaan, kerjasama ekonomi yang adil, dan berbagi kemakmuran. Pada akhirnya, pelestarian bumi, keselamatan alam semesta, harus diperjuangkan bersama karena kita hidup di planet yang sama,” pungkas Hasto.

3 dari 3 halaman

Semangat Kebangkitan GNB

Sementara itu, delegasi Brasil, Beatriz Bissio, mengatakan dirinya akan menularkan semangat baru kebangkitan GNB ke negaranya, dan kawasan Amerika Selatan lainnya.

“Membawa pesan bahwa kita harus berjuang untuk masa depan. KIta harus yakin dengan kekuatan sendiri dan kita dapat memulai jalur konkrit untuk memajukan diri kita,” kata Beatriz.

Menurutnya, selama ini sudah ada pergerakan sosial, pergerakan perempuan, dan pergerakan lainnya dari bangsa-bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Namun selama ini gerakan itu belum sepenuhnya didengar.

“Jadi dengan semangat baru ini, dengan legacy (KAA) Bandung dan Gerakan Non Blok, kita punya alat untuk mengubah dunia,” tegas Beatriz.

Adapun acara Bandung-Belgrade-Havana in Global History and Perspective merupakan napak tilas KAA 1955. Pembukaan dilakukan di Jakarta pada beberapa hari lalu.

Para akademisi yang hadir dalam program ini antara lain Annamaria Artner (Hungaria), Connie Rahakundini Bakrie (Indonesia), Isaac Bazie (Burkina Faso/Canada), Beatriz Bissio (Brasil/Uruguay), Marzia Casolari (Italia), Gracjan Cimek (Poland), Bruno Drweski (Prancis/Polandia), Hilman Farid (Indonesia), Darwis Khudori (Indonesia/Prancis), Seema Mehra Parihar (India), Jean-Jacques Ngor Sene (Senegal/USA), Istvan Tarrosy (Hungaria), Rityusha Mani Tiwary (India), Nisar Ul Haq (India).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.