Sukses

Resmi Menjabat, Ini Daftar 9 Komisioner Komnas HAM Periode 2022-2027

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah menggelar serah terima jabatan untuk sembilan komisioner periode 2022-2027.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menggelar serah terima jabatan untuk sembilan komisioner periode 2022-2027. Acara serah terima berlangsung di Kantor Komnas HAM Jalan Latuharhary Nomor 4B, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

Dengan digelarnya acara serah terima ini, maka secara resmi keanggotaan Komisioner Komnas HAM telah berganti dengan susunan komisioner baru untuk periode 2022-2027. Sebagaimana pengangkatan SK Nomor 113/P tahun 2022 yang telah ditandatangani Presiden Joko Widodo.

Di mana dalam SK itu telah mengangkat kesembilan Komisioner Komnas HAM terpilih yakni; Atnike Nova Sigiro; Anis Hidayah; Hari Kurniawan; Abdul Haris Semendawai; Pramono Ubaid Tanthowi; Putu Elvina, Saurlin P Siagian; Uli Parulian Sihombong; dan Prabianto Mukti Wibowo.

Atnike Nova Sigiro sebagai perwakilan komisioner terpilih mengatakan, akan berjuang maksimal bersama delapan komisioner terpilih untuk memperjuangkan Hak Asasi Manusia.

"PR Komnas HAM masih banyak, karena pengetahuan tentang Komnas HAM masih banyak yang belum diketahui oleh masyarakat," ujar Atnike saat sambutan di acara serah terima.

Termasuk, lanjut Atnike, menjelaskan bahwa pihaknya tetap akan mempertahankan kinerja Komnas HAM sebagai lembaga yang diharapkan mampu memberikan solusi atas permasalahan bangsa.

"Kontradiksinya Komnas HAM tetap menjadi lembaga yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi bangsa ini yaitu para demonstrans yang terus menerus datang ke kantor Komnas HAM, itulah PR yang menurut kami perlu kita hadapi dalam lima tahun ke depan dan seterusnya," kata Atnike.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Estafet

Acara serah terima ini turut dihadiri jajaran Komnas HAM periode 2017-2022 yang mewakili secara langsung proses serah terima yaitu, Wakil Ketua Eksternal Amiruddin, lalu, Komisioner lainnya yaitu Munafrizal Manan, Hairansyah, Beka Ulung Hapsara, Choirul Anam, Sandrayati Moniaga, dan Ahmad Taufan Damanik selaku Ketua Komnas HAM periode 2017-2022 turut hadir melalui sambungan video.

"Karena ada tugas-tugas Komnas HAM terakhir kami di Jenewa, jadi bisa diwakili oleh Pak Amiruddin," ujar Taufan lewat sambungan video.

Taufan menilai, tradisi serah terima ini merupakan hal baru yang bisa menjadi langkah baik bagi kesembilan Komisioner Komnas HAM periode 2022-2027 ke depannya.

"Saya ingin mengucapkan kepada seluruh panitia yang menyelenggarakan acara ini dan memberikan kesempatan kepada saya untuk berbicara mewakili kawan-kawan Komisioner 2017-2022. Mudah-mudahan tradisi baru, saya katakan tradisi baru karena sebelumnya belum pernah ada tradisi di mana ada serah terima seperti ini," kata Taufan.

"Saya tidak mau mengulang sejarah yang lalu, tapi kami ingin membangun sejarah baru di mana kepemimpinan yang sebelumnya harus memberikan estafet yang baik kepada rekan-rekan yang terpilih," tambah dia.

 

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.