Sukses

Selamat! Desa Pandean Jadi Desa Wisata Terbaik di Tanah Air

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengaku bangga dengan capaian tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 digelar pada Minggu (30/10) malam. Dalam ajang bergengsi itu, Desa wisata Pandean di Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek menyabet Juara Harapan 1 untuk kategori desa wisata berkembang.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengaku bangga dengan capaian tersebut. Menurutnya, desa wisata Pandean punya usia yang masih begitu muda, yakni sekitar 1,5 tahun.

"Ini bukan sesuatu yang mudah mengingat desa wisata ini baru dirintis 1,5 tahun yang lalu, dan sudah dinyatakan sebagai desa wisata yang berkembang," kata Mas Ipin, usai mendampingi mengelola desa wisata Pandean saat menghadiri puncak penghargaan ADWI.

Mas Ipin menyebut, masuknya desa wisata asal Trenggalek sebagai penerima penghargaan ADWI 2022 menambah optimisme pemerintah untuk mewujudkan target 100 desa wisata alias Sadewa.

"Ini sesuai misi dari Trenggalek yang ingin mengangkat pendapatan masyarakat langsung dari masyarakat, dengan multiplier effect yang banyak melalui desa wisata," ujarnya. 

Kepada pengelola desa wisata Pandean, Mas Ipin juga berpesan agar masyarakat ikut serta membina desa-desa wisata lain di Kabupaten Trenggalek. Dengan semakin banyaknya desa wisata yang besar dan berprestasi, menurut dia, dampak positif yang diterima juga semakin luas.

"Itu karena jika desa wisata Pandean yang besar sendiri, dampaknya justru tidak akan terlalu besar. Tapi kalau Pandean bersama desa-desa wisata lain sama-sama besar, maka Trenggalek akan menjadi kabupaten dengan desa wisata komplet," kata Mas Ipin.

Dalam kesempatan itu, dia juga berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang mengangkat potensi desa wisata melalui ADWI. Sebagai salah satu produk unggulan kepariwisataan, Mas Ipin yakin, desa wisata akan menjadi primadona.

Bupati muda itu juga optimistis desa wisata bakal menjadi destinasi yang bersaing dengan tempat wisata besar dan populer. Baik di tingkat nasional maupun internasional. Sementara itu, Pengelola Desa Wisata Pandean Ririn Setyo Widihastuti merasa bersyukur atas capaian yang diraih dalam ADWI 2022.

"Ini luar biasa bagi kami yang baru pertama kali [mendapat apresiasi tingkat nasional]," kata Ririn, dalam kesempatan yang sama.

Ririn berharap, penghargaan itu bisa menjadi titik awal yang baik bagi Kabupaten Trenggalek untuk mewujudkan 100 desa wisata. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini