Sukses

Kondisi Terkini Prajurit TNI yang Terjun Bebas Akibat Parasutnya Tidak Mengembang

Menurut Gunawan, peristiwa itu terjadi pada Selasa, 8 November 2022 sekitar pukul 10.30 WIB di Pangkalan TNI AU Lanud Sulaiman, Bandung.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi seorang personel TNI AU yang terjun bebas ke tanah lantaran parasutnya tidak mengembang saat proses terjun payung kini perlahan membaik. Sosok penerjun diketahui adalah Prada Salman Krisnes Sinaga.

"Saat kejadian karena ada tim medis di bawah yang standby dalam setiap latihan, langsung dilakukan pengamanna cepat kemudian dibawa ke Rumah Sakit TNI AU, dirujuk ke ahlinya,  di Rumah Sakit TNI AU Salamun Bandung ya," tutur Kepala Penerangan Kopasgat, Kolonel Gunawan saat dikonfirmasi, Kamis (10/11/2022).

"Sekarang kondisi sudah dalam penanganan dan alhamdulilllah stabil si prajurit, dan sudah menunjukan kondisi semakin membaik ya," sambungnya.

Menurut Gunawan, peristiwa itu terjadi pada Selasa, 8 November 2022 sekitar pukul 10.30 WIB di Pangkalan TNI AU Lanud Sulaiman, Bandung.

"Tidak pada kaki ya (patahnya) karena kejadian ini. Tapi memang betul ada patah tulang, tapi tepatnya di mana kami masih dalam penanganan dokter. Tapi informasi awal ada patah tulang di bagian pinggang kanan ya kalau tidak salah," jelasnya.

Setelah adanya peristiwa tersebut, proses latihan pun dihentikan dan langsung dilakukan evaluasi. Baik terhadap parasut, kesiapan prajurit, hingga faktor lain yang dinilai berkaitan.

"Tentu akan dievaluasi ya dari sisi banyak hal, dari sisi penerjun sendiri kaitannya tentang berat badan, tentang melipatnya terlepas, dari materi payung, semuanya juga dievaluasi berkaitan kalau materi payung itu sih layak, tentu berkaitan pelipatan harus sesuai prosedur," kata Gunawan.

"Kalau semuanya berjalan dengan normal, sudah dengan prosedur yang ada, kemudian spesifikasi payung masih layak, tentu itu menjadi satu evaluasi khusus. Karena semua materi tentu kan ada apa ya, saat kita terima dari pengadaan tentunya sama semua. Tapi namanya suatu kejadian dengan hentakan yang segitu berat di pesawat kan ada kemungkinan-kemungkinan bisa terjadi," tutupnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral di Media Sosial

Video seorang personel TNI AU yang terjun bebas ke tanah karena parasutnya tidak mengembang viral di media sosial. Dari informasi yang dihimpun, diketahui personel TNI AU tersebut atas nama Prada Salman Krisnes Sinaga. Dirinya terjun bebas lantaran parasutnya tidak mengembang saat latihan terjun dari Lanud Sulaiman.

Prada Salman terjatuh dengan kondisi bagian bokong membentur tanah terlebih dahulu.

"Dari hasil pemeriksaan sementara, Prada Salman mengalami fraktur belakang pinggang sebelah kanan dan dirujuk ke RS TNI Salamun, Kabupaten Bandung," tulis Instagram @komando.official.

Akun tersebut juga membagikan foto kondisi Prada Salman Sinaga usai terjatuh lantaran parasutnya tidak mengembang.

Sebelumnya, Prada Salman diketahui terjun bebas saat melaksanakan penerjunan taktis di Lanud Sulaiman pada Selasa, (8/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.