Sukses

Momen Khidmat Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata tahun ini dipimpin oleh Wapres Ma'ruf Amin. Wapres menggantikan Presiden Jokowi yang tengah menghadiri KTT ASEAN di Kamboja.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis 10 November 2022.

Momen khidmat tersaji saat Ma’ruf Amin menjadi pemimpin upacara Hari Pahlawan tahun ini menggantikan peran Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang tengah melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kamboja dalam rangka agenda KTT ASEAN.

Pantauan di lokasi, Kamis (10/11/2022), Ma’ruf Amin dan protokoler tiba di TMP Kalibata pada pukul 08.00 WIB. Upacara sendiri dimulai sekira 15 menit kemudian. 

Terlihat, sejumlah menteri dan kepala lembaga hadir, seperti Menteri PAN RB Azwar Anas, Menko PMK Muhadjir Effendy, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Menteri Tenaga Kerjaan Ida Fauziah, Ketua KPK Firli Bahuri dan Kepala BNPT Boy Rafli.

Wapres Ma'ruf Amin memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis 10 November 2022. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Diketahui, Tema dari peringatan Hari Pahlawan ke-77 ini adalah “Pahlawanku Teladanku". Tema ini diambil dengan semangat untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Sebagai informasi, penyelenggaraan upacara peringatan Hari Pahlawan ke-77 tanggal 10 November 2022 di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata atau TMP Kalibata, Jaksel dimulai pukul 08.00 WIB. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringatan Hari Pahlawan Juga Digelar di Teluk Jakarta

Selain itu, di lokasi berbeda, rangkaian peringatan Hari Pahlawan juga dilakukan dengan ziarah dan tabur bunga di Teluk Jakarta yang dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani selalu Inspektur Upacara menggunakan KRI Semarang.

Nantinya dalam dua acara terpisah ini, Hening Cipta secara serentak akan sama-sama dilakukan selama 60 detik dimulai pada pukul 08.15 waktu setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.