Sukses

Tiba di Kamboja, Jokowi Disambut Lagu Ojo Dibandingke dan Gundul Pacul

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba di Bandara Internasional Phnom Penh, Kamboja sekitar pukul 19.30 waktu setempat, Rabu (9/11/2022).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba di Bandara Internasional Phnom Penh, Kamboja, sekitar pukul 19.30 waktu setempat, Rabu (9/11/2022).

Jokowi menempuh penerbangan selama kurang lebih 3,5 jam dari Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali.

Berdasarkan keterangan yang diterima, tampak menyambut Jokowi di bawah tangga pesawat Menteri Pos dan Telekomunikasi Kamboja Vandeth Chea, Duta Besar LBBP RI Phnom Penh Sudirman Haseng dan Atase Pertahanan RI Phnom Penh Mochammad Rizal.

Dari Bandara Internasional Phnom Penh, Jokowi beserta delegasi lainnya kemudian menuju hotel tempatnya bermalam sebelum melanjutkan kegiatan esok hari.

Setibanya di hotel tempatnya bermalam, tampak menyambut Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan perwakilan staf KBRI Phnom Penh.

Jokowi juga disambut atraksi musik angklung yang dimainkan oleh 15 anak Warga Negara Indonesia yang membawakan lagu "Ojo Dibandingke" dan "Gundul Pacul".

Turut mendampingi Presiden Jokowi yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Protokol Negara Andi Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahju Hidajat Soedjatmiko, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadiri KTT ASEAN ke-40 dan ke-41

Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara, Iriana bertolak menuju Phnom Penh, Kamboja. Dia akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 dan ke-41 serta rangkaian KTT terkait lainnya pada 10-13 November 2022.

Mengutip siaran pers resmi Sekretariat Presiden, Jokowi dan rombongan terbang menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1. Mereka lepas landas dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Rabu, 9 November 2022, sekitar pukul 17.00 WITA.

"Saya akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT ASEAN ke-40 dan ke-41, serta KTT terkait lainnya hingga tanggal 13 November 2022. Jumlah pertemuan yang harus saya hadiri cukup banyak, yaitu lebih dari 20 pertemuan," kata Jokowi dalam keterangannya sebelum lepas landas, Rabu (9/11/2022).

Dia menjelaskan, salah satu fokus Indonesia dalam KTT ASEAN adalah mengenai keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun depan. Menurut Presiden, pada keketuaan ASEAN tahun 2023, Indonesia akan mengusung tema "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth".

"Intinya Indonesia menginginkan agar ASEAN tetap penting dan relevan atau matters dan Indonesia juga menginginkan Asia Tenggara tetap menjadi epicentrum of growth. Ini bukan tugas yang mudah, tantangan dunia masih akan sangat besar di tahun 2023. Selain itu, ASEAN juga hadapi tantangan internal, yaitu situasi di Myanmar," tegas Presiden.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975
    Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975

    vietnam

  • Kamboja ialah salah satu negara berbentuk Monarki Konstitusional yang berada di Asia Tenggara
    Kamboja ialah salah satu negara berbentuk Monarki Konstitusional yang berada di Asia Tenggara

    Kamboja