Sukses

Pembangunan LRT Rute Velodrome-Manggarai Bakal Jadi Proyek Strategis Nasional

Heru menyebut pendanaan pembangunan trek LRT Fase 2A dari Velodrome-Manggarai pada 2023 menggunakan Penyertaan Modal Daerah (PMD).

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan pembangunan kereta ringan atau light rail transit (LRT) Jakarta Rute Velodrome - Manggarai terus berlanjut.

Hal itu diungkapkan Heru ditemui usai menghadiri Rapat Paripurna bersama jajaran anggota dewan dan seluruh jajaran Pemprov DKI di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa (8/11/2022).

Lebih lanjut, Heru menyebut pendanaan pembangunan trek LRT Fase 2A dari Velodrome-Manggarai pada 2023 menggunakan Penyertaan Modal Daerah (PMD).

"Udah masuk PMD. Pendanaannya PMD, usulan PMD. Sekitar Rp400-500-an (miliar)," kata Heru.

Selain itu, Heru menyampaikan bahwa proyek pembangunan LRT Rute Velodrome - Manggarai ini masuk ke dalam proyek strategis nasional. Menurut Heru, proyek itu juga bakal dimasukkan dalam Keputusan Presiden (Keppres).

"LRT Rute Velodrome - Manggarai Itu termasuk dalam proyek strategis nasional dan Pak Menhub, Pak Menko akan memasukan dalam Keppres ya, kalau itu sudah dilanjutkan Velodrome ke Manggarai," jelas dia.

Sebelumnya, Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta pun telah menyetujui usulan Penyertaan Modal Daerah (PMD) untuk biaya pembangunan trek LRT Fase 2A dari Velodrome-Manggarai pada 2023. Besaran PMD untuk biaya pembangunan ini senilai Rp442 miliar.

Adapun biaya tersebut akan diperuntukkan bagi PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang berwenang atas pembangunan trek LRT Fase 2A.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teken MoU

Adapun Banggar DPRD DKI Jakarta diketahui telah membahas Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2023 di Grand Cempaka, Bogor, Jawa Barat, Kamis 3 November 2022.

Selain itu, nota kesepahaman atau MoU KUA-PPAS Tahun Anggaran 2023 resmi diteken Heru Budi pada rapat paripurna bersama anggota dewan hari ini, Selasa (8/11/2022).

Selain Heru, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi beserta Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani, Zita Anjani, dan Khoirudin menjadi pihak yang turut menandatangani nota kesepahaman itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.