Sukses

Perkuat Sistem Pangan, Prabowo Dorong Peran Kolaborasi Global

Sebagai sosok yang dipercaya Presiden Jokowi sebagai koordinator lumbung pangan, Prabowo memastikan Indonesia adalah salah satu negara yang paling beruntung dibandingkan dengan banyak negara lain.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto mengatakan, kolaborasi adalah solusi jangka panjang untuk memperkuat segala lini dalam kehidupan, termasuk soal pangan. Hal itu akan disampaikan Prabowo menjelang Forum Atlantic Council Global Food Security pada tanggal 12 - 13 November di Bali. Diketahui acara tersebut adalah sideline dari KTT G20. 

"Kolaborasi untuk solusi berkelanjutan dalam memperkuat sistem pangan merupakan salah satu tantangan saat ini," ujar Prabowo dalam keterangan pers diterima, Selasa (8/11/2022). 

Sebagai sosok yang dipercaya Presiden Jokowi sebagai koordinator lumbung pangan, Prabowo memastikan Indonesia adalah salah satu negara yang paling beruntung dibandingkan dengan banyak negara lain. Hal itu dikarenakan sumber daya alamnya yang melimpah.

 

Meski demikian, mantan ketua umum Pratai Gerindra ini mengamini masih terjadi ironi ketika lebih dari 300 juta orang di dunia saat ini mengalami isu kelaparan di tengah melonjaknya harga bahan bakar dan pangan. 

Senada dengan Prabowo, President dan CEO Atlantic Council, Frederick Kempe meyakini, forum besutannya akan menghasilkan sebuah solusi dari ironi yang disebut Prabowo tadi.

Menurut dia, forumnya akan mempertemukan pemimpin internasional, pemimpin daerah, dan pemimpin ketahanan pangan lokal, termasuk pejabat pemerintahan, pelaku bisnis, media, para ahli akademik, dan pemimpin masyarakat sipil. 

"Forum ini bertujuan agar para partisipan dapat ikut serta dalam menginformasikan kebijakan publik, membentuk praktik bisnis, dan diskursus media di tengah momentum G20," jelas Kempe.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembicara dan Topik yang Akan Dibahas

Sebagai informasi, acara didukung oleh Gaurav & Sharon Srivastava Family Foundation. Selain itu Kementerian Pertahanan dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia juga turut terlibat selama penyelenggaraan. 

Sejumlah pembicara internasional dilaporkan akan hadir. Seperti pidato sambutan dari US Permanent Representative to the UN Agencies in Rome, Cindy McCain; Menteri Infrastruktur Ukraina, Oleksandr Kubrakov; US Senator untuk Michigan, Deborah Stabenow; Perwakilan Amerika Serikat dari New York, Patrick Ryan; para menteri dan petinggi pemerintahan Indonesia.  

Topik-topik yang akan dibahas pada pertemuan ini termasuk mengenai ketahanan rantai pasok pangan; pendanaan inisiatif ketahanan pangan global, inovasi di bidang ketahanan pangan, dan lainnya.

Acara ini akan ditayangkan dan terbuka untuk para media dengan membuka situs resmi terkait dari Atlantic Council. 

3 dari 3 halaman

Pemprov DKI Distribusi Pangan Bersubsidi hingga Kamis 10 November

Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai mendistribusikan pangan bersubsidi ke sejumlah wilayah DKI Jakarta. Penyaluran pangan sudah dimulai hari ini Senin (7/11/2022) dan bakal berlangsung hingga Kamis 10 November 2022 mendatang.

"Halo warga Jakarta, berikut jadwal pendistribusian pangan bersubsidi di Rusun untuk November 2022," demikian keterangan yang disampaikan melalui @dkijakarta, dikutip Senin, 7 November 2022.

Adapun lokasi dan jadwal pendistribusian pangan bersubsidi bagi masyarakat tertentu di wilayah DKI Jakarta adalah sebagai berikut:

1. Jakarta Utara

- Distribusi 7 November 2022

Sukapura, Samper Barat, Rorotan, Nagrak, Penjaringan, Waduk Pluit, Kapuk Muara.  

-Distribusi 8 November 2022Sukapura, Samper Barat, Rorotan, Nagrak, Penjaringan, Waduk Pluit, Kapuk Muara.

2. Rusun Jakarta Timur

- Distribusi 9 November 2022Tipar Cakung, Cakung Barat, KM 2, Rawa Bebek, Pinus Elok, Penggilingan Tower D, Penggilingan Tower E, Pulo Gebang Penggilingan, Jatinegara Kaum, Pulo Jahe.

-Distribusi 10 November 2022Pulo Gebang, Pulo Gebang Tower, Komarudin, Cipinang Besar Selatan, Pondok Bambu, BLK Pasar Rebo, Jatinegara Barat

3. Rusun Jakarta Pusat

- Distribusi 10 November 2022 Jatirawasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.