Sukses

Ada Drone Awasi Warga Buang Sampah Sembarangan, NasDem: Solusi Terbaik Tetap Kesadaran

Menurut NasDem, perubahan perilaku dan peningkatan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan bisa dimulai sejak dini lewat pendidikan karakter di sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andriano menanggapi kebijakan baru Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI pimpinan Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono soal pengawasan warga yang membuang sampah sembarangan dengan menerbangkan drone.

Diketahui drone atau pesawat tanpa awak ini akan dioperasikan di lokasi-lokasi rawan buang sampah sembarangan di Jakarta.

Wibi menyatakan, bahwa NasDem mengharapkan yang terbaik terkait apapun upaya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk menangani persoalan sampah di Ibu Kota.

"Harapan kami apapun upaya itu tentu hal yang baik," kata Wibi kepada Liputan6.com, Senin (7/11/2022).

Kendati demikian, Wibi menilai bahwa solusi terbaik mencegah tindakan buang sampah sembarangan yakni dengan meningkatkan kesadaran warganya.

"Untuk solusi terbaik adalah tetap pada upaya peningkatan kesadaran masyarakatnya sendiri," tutur dia.

Menurut dia, perubahan perilaku masyarakat harusnya dimulai dari usia dini, yaitu di lingkungan sekolah. "Sehingga, mental untuk membuang sampah pada tempatnya bukan karena diawasi, tapi karena memang sadar dari diri sendiri," ucap Wibi.

Lebih kanjut, Wibi mengaku belum mengetahui rincian nilai dari anggaran pengadaan drone pengawas warga buang sampah sembarangan ini. Namun dia menegaskan, Fraksi NasDem akan mengawasi penggunaan anggarannya apabila menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Soal anggaran drone saya belum tahu berapa nilainya dan apakah masuk ke anggaran belanja daerah. Apabila itu adalah anggaran pemerintah, fungsi kami akan mengawasi penggunaannya," katanya memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini