Sukses

Cegah Tawuran, Satbinmas Polres Jakpus Sambangi Kampung Bali Pakai Mobil Ngopi

Berbagai strategi dilakukan aparat kepolisian untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Salah satunya dengan menghadirkan Mobil Ngopi yang disiapkan Satbinmas Polres Jakpus untuk mencegah tawuran di lingkungannya.

Liputan6.com, Jakarta - Aparat kepolisian terus berupaya menangani berbagai gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dengan berbagai cara humanis dan menggugah hati warga. Salah satunya Mobil Ngopi yang disediakan Satbinmas Polres Jakarta Pusat (Jakpus) untuk mencegah tawuran.

Kaur Binops Satbinmas Polres Jakpus, Ipda Rivan Burhani menyampaikan, pihaknya memonitor maraknya aktivitas tawuran usai melandainya pandemi Covid-19.

"Kami sempat menyambangi warga RW 10 Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang Jumat, 4 November 2022 untuk memberikan imbauan dan diskusi mencegah tawuran, yang mulai marak terjadi sejak pandemi Covid-19 melandai," tutur Rivan kepada wartawan, Minggu (6/11/2022).

Dalam upaya pendekatan hati ke hati bersama warga Kampung Bali, kebanyakan para ibu alias emak-emak antusias hadir lantaran khawatir anaknya menjadi korban salah pergaulan remaja.

"Pergaulan zaman sekarang banyak berbasis teknologi, dan tawuran kebanyakan terjadi melalui media sosial, baik karena saling mengejek atau sebagai bentuk eksistensi diri. Oleh karena itu orang tua terutama ibu harus mengawasi penggunaan gawai anak-anaknya. Jika dibutuhkan, Polres Metro Jakarta Pusat siap membantu," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Ngopi, Sarana Mendekatkan Masyarakat

Adapun suasana diskusi antara anggota polisi dan warga RW 10 mengalir dengan santai sebab keberadaan Mobil Ngopi Satbinmas.

Warga yang hadir dipersilakan menyeduh kopi di kendaraan tersebut secara gratis sambil saling bertukar pikiran dengan anggota Binmas dan Bhabinkamtibmas, yang tidak ketinggalan menikmati suguhan lainnya.

"Mobil Ngopi Satbinmas Polres Metro Jakarta Pusat menjadi sarana untuk mendekatkan warga dengan Polri dan sudah diluncurkan sejak bulan Agustus 2022 oleh Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Mugia Yarry Junanda," Rivan menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.