Sukses

Seluruh Genangan di DKI Jakarta Sudah Surut

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur sebagian besar wilayah Bogor hingga DKI Jakarta pada Sabtu 5 November 2022.

Liputan6.com, Jakarta Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur sebagian besar wilayah Bogor hingga DKI Jakarta pada Sabtu 5 November 2022. Hujan deras ini menyebabkan kenaikan tinggi muka air di Bendung Katulampa hingga Pintu Air Manggarai.

Status Bendung Katulampa pun naik menjadi Siaga 3 (Waspada), Pos Depok Siaga 3 (Waspada), Pos Angke Hulu Siaga 2 (Siaga), Pos Sunter Hulu Siaga 3 (Waspada), dan Pintu Air Manggarai Siaga 3 (Waspada).

Sejumlah titik di DKI Jakarta pun tergenang air. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, hingga pukul 11.25 WIB, Minggu (6/11/2022), seluruh genangan di wilayah DKI Jakarta sudah surut.

"Hal ini terjadi berkat upaya kolaboratif yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti BPBD, Dinas SDA, Dinas Gulkarmat, Dinas Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, dan PPSU Kelurahan yang telah mengerahkan personel berikut dengan peralatan pendukung seperti pompa mobile dalam menyedot genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Minggu (6/11/2022).

Menurut dia, genangan di Ibu Kota juga surut lantaran peran masyarakat yang juga dilibatkan dalam upaya penanganannya.

Sebelumnya, BPBD DKI Jakarta mencatat, terdapat 10 RT yang genangan hingga pukul 09.00 WIB, Minggu (6/11/2022) tadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wilayah Terdampak

Adapun wilayah yang terdampak adalah sebagai berikut.

Jakarta Timur terdapat 10 RT yang terdiri dari:

Kel. Bidara Cina

- Jumlah: 1 RT

- Ketinggian: 40 cm 

- Penyebab: Luapan Kali Ciliwung 

Kel. Kampung Melayu

- Jumlah: 9 RT

- Ketinggian: 40 s.d. 75 cm 

- Penyebab: Luapan Kali Ciliwung

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam nonstop," tambah Isnawa.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.