Sukses

Menhan Prabowo Banggakan Tim Aerobatik Jupiter TNI AU

Usai atraksi, Prabowo mengajak keenam personel Jupiter Aerobatic Team ke atas podium. Dalam kesempatan itu, eks Danjen Kopassus ini mengajak mereka makan malam di rumahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan kebanggaannya kepada tim akrobatik udara Landasan Udara (Lanud) Adisutjipto Yogyakarta, Jupiter Aerobatic Team (JAT). Tim ini tampil dalam pameran industri pertahanan Indo Defence 2022 Expo & Forum, beberapa hari lalu.

Tim ini menampilkan beberapa atraksi manuver. Mulai dari aksi akrobatik Jupiter Roll, Delta Pass, Arrow Head Pass, Vulcan and Leader Benefit, Arrow Head Break Off dan Horizontal Twin Half Cuban. Selain itu, ada atraksi Jupiter Wheel, High-G Trail/Tango to Diamond Pass, Mirror, Screw Roll, Knife Edge, 5-Card Pass dan Bomb Burst.

Usai atraksi, Prabowo mengajak keenam personel Jupiter Aerobatic Team ke atas podium. Dalam kesempatan itu, eks Danjen Kopassus ini mengajak mereka makan malam di rumahnya.

"Saya mengundang mereka ke rumah saya untuk makan malam," ucap Prabowo dikutip dari siaran persnya, Sabtu (5/11/2022).

Sambil berkelakar, dia mengatakan bahwa undangan tersebut tidak datang dengan cuma-cuma. Prabowo berdalih tidak ada makan malam yang gratis.

"Tetapi, aturan tidak tertulisnya adalah tidak ada makan malam gratis. Bisakah kamu bernyanyi besok?" katanya disambut tawa para tamu undangan.

Setelahnya, Prabowo menyalami satu per satu personel Jupiter Aerobatic Team. Ketua Umum Partai Gerindra itu turut memberikan mereka koin sebagai cendera mata.

Sebelumnya, Prabowo melihat manuver Tim Aerobatik Jupiter TNI Angkatan Udara atau Jupiter Aerobatic Team TNI AU. Terlihat pesawat melakukan atraksi di udara dan mengundang tepuk tangan hadirin yang menyaksikan.

Setelah Tim Aerobatik Jupiter, manuver dilanjutkan Rafale, pesawat tempur canggih asal Prancis yang bakal segera mengangkasa di Tanah Air. Prabowo telah sepakat membeli 42 unit pesawat tempur Dassault Rafale pada pada awal tahun lalu.

"Sedang uji coba dan sebagainya, beberapa tahun lagi sudah bisa operasional. Kita harap jangan terlalu lama," tutur Prabowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kagumi Ester Gayatri

Disisi lain, Prabowo menganggumi kepiawaian Esther Gayatri Saleh, salah seorang pilot PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI. Hal tersebut diungkapkannya saat keduanya berbincang di sela-sela Indo Defence 2022 Expo & Forum di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Jumat 4 November 2022.

Mulanya, Esther memperkenalkan diri sambil mendekati Prabowo yang sedang duduk di bangku penumpang di atas mobil golf.

"CN-235 yang kami bawa untuk modifikasi, untuk pengembangan," katanya kepada Prabowo.

"Luar biasa, luar biasa," jawab Prabowo. "Esther, terima kasih, Esther, ya."

Esther lantas memberikan buku bersampul warna biru yang ditulisnya kepada Prabowo. Esther merupakan satu-satunya perempuan Asia asal Indonesia yang menjadi pilot penguji (test pilot).

Dia sempat melakukan uji terbang pesawat N-219 untuk pertama kalinya pada 16 Agustus 2017. N-219 dihasilkan PTDI dengan kapasitas produksi dua unit per tahun.

Armada N-219 termasuk jenis pesawat penumpang dan serba guna berkapasitas 19 penumpang. Ia menggunakan dua mesin turboprop produksi Pratt and Whitney PT6A–42, masing-masing bertenaga 850 shp.

Esther mengaku, sempat merasakan stres menjelang penerbangan perdana N-219. Dia pun selalu menyebut nama Tuhan setiap hari hingga hari H penerbangan.

"Saya pernah stres tingkat dewa. Pesawat tidak pernah diterbangkan oleh siapa pun dan Anda harus mencobanya. Yang tanggung siapa? Saya dan kru. Saya terima kasih kepada kru yang mempercayai saya sebagai pilot in command," tuturnya kala itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.