Sukses

Diguyur Hujan Jumat Sore, 4 RT di Jakarta Banjir hingga Setinggi 50 Cm

BPBD DKI melaporkan terdapat 4 RT di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang terendam banjir atau genangan akibat hujan deras pada Jumat sore ini.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan sedang hingga lebat yang mengguyur sejumlah wilayah DKI Jakarta pada Jumat sore (4/11/2022) menyebabkan banjir dan genangan air di beberapa titik.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta yang diperbaharui pada pukul 18.00 WIB, terdapat 4 RT yang terendam banjir dengan ketinggian maksimal mencapai 50 cm.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 2 RT, saat ini menjadi 4 RT atau 0,013 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Satuan Pelaksana Data Pusdatin BPBD DKI Michael Sitanggang dalam keterangan resminya, Jumat (4/11/2022).

Adapun wilayah yang masih tergenang banjir adalah:

- 1 RT di Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, dengan ketinggian mencapai 50 cm. 

- 3 RT di Kelurahan Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, dengan ketinggian mencapai 50 cm.

Sementara wilayah yang sampat tergenang dan kini sudah surut, yakni 5 RT di Kelurahan Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

BPBD DKI telah melakukan berbagai upaya penanganan banjir dengan mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah.

Selain itu, BPBD DKI juga telah berkoordinasi dengan unsur dinas terkait seperti Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Bina Marga, serta Dinas Gulkarmat.

Dinas-dinas disiapkan untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," kata Michael.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Darurat

Kendati demikian, BPBD DKI Jakarta mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan.

"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.