Sukses

Punya Rekam Jejak Bagus, Moeldoko Dinilai Tokoh Potensial Diusung Parpol Jadi Capres

Salah satu perubahan yang akan terasa jika Moeldoko menjadi Presiden adalah wajah baru di lingkungan Istana Negara.

Liputan6.com, Jakarta Pengamat politik, Agus Abdullah menilai sosok Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko layak didukung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Rekam karir Moeldoko yang cukup moncer jadi pertimbangan dia layak didukung.  

"Salah satu alasan logis mengapa Moeldoko layak didukung, pada pilpres 2024 ialah rekam jejaknya yang jelas,” ujar Agus dalam keterangannya, Kamis (3/11/2022).

Agus menjelaskan berbagai kinerja dan sikap tegasnya bisa dilihat sedari menjadi Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta di saat menjabat sebagai KSP. Menurutnya sosok Moeldoko dapat menjawab dan menguraikan beragam tantangan bangsa ke depan.

Salah satu perubahan yang akan terasa jika Moeldoko menjadi Presiden adalah wajah baru di lingkungan Istana Negara.

"Kita berandai perubahan apa yang mungkin terjadi di negara ini jika Moeldoko menjadi Presiden Republik Indonesia. Yang paling mula dapat terasa yakni perubahan wajah pada lingkungan istana negara. Istana terbuka bagi siapa saja bukan hanya orang-orang yang memiliki kedudukan,melainkan juga warga yang datang pun diterima dengan baik atas berbagai masalah tersebut,” terang Agus.

Selain faktor rekam jejak, Agus mengungkapkan kepemimpinan Moeldoko disukai karena pendekatan humanisnya. Moeldoko berani merespons dalam menyelesaikan berbagai masalah yang bersinggungan dengan kepentingan masyarakat.  Agus memprediksi pola-pola komunikasi Presiden dan rakyat akan terbangun efektif.  

"Pola-pola komunikasi dala hubungan Presiden dan rakyatpun akan terbangun secara efektif. Model leadership (move, motive, make a difference ),” sambungnya. 

Dalam kaitan itu, semangat optimistis yang sudah dibangun akan dibawa menuju perwujudan Indonesia Emas 2045. “Semangat optimisme yang dibawa oleh Moeldoko sebagai Presiden pasti akan berdampak secara menyeluruh pada jajaran menteri dan satuan kerja dalam kabinetnya,” tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tipikal Pemimpin Visioner

Agus mengemukakan Moeldoko harus diakui merupakan tipe pemimpin yang visoner. Figur yang memahami komplekstisitas persoalan bangsa serta geostrategi Indonesia di tengah kehidupan tatanan global. Salah satu gagasan Moeldoko menjadi 'konsepsi besar Bung Karno' adalah mewujudkan kedaulatan rakyat melalui kedaulatan pangan,” beber Agus.

Agus mengatakan Indonesia di bawah kepemimpinan Moeldoko akan menaruh perhatian yang lebih pada pembangunan keberlanjutan. 

“Moeldoko akan melanjutkan kebijakan Presiden Jokowi. Yang sejatinya akan mengaktualisasi gagasan-gagasan Bung Karno tentang keindonesiaan dan nasionalisme,” pungkas dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko