Sukses

Infografis ASO TV Digital Gantikan TV Analog di Jabodetabek, Apa Untungnya, Cara Pindah dan Lokasi Posko

Penghentian siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) dilakukan mulai Rabu 2 November 2022 di Jabodetabek. Masyarakat Jabodetabek diminta beralih ke siaran TV digital supaya tetap bisa menikmati tayangan televisi.

Liputan6.com, Jakarta - Penghentian siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) dilakukan mulai Rabu 2 November 2022 di Jabodetabek. Masyarakat Jabodetabek diminta untuk beralih ke siaran TV digital supaya tetap bisa menikmati tayangan televisi.

Masyarakat mampu diminta untuk segera menambahkan Set Top Box (STB) bersertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) apabila TV-nya belum mendukung siaran digital. Sedangkan bagi masyarakat yang tidak mampu, pemerintah bersama sejumlah lembaga penyiaran memberikan bantuan STB untuk siaran TV digital.

Dari sisi kualitas dan teknologi penyiaran, siaran TV digital memiliki kualitas gambar yang lebih baik dengan suara yang lebih jernih ketimbang TV analog. Ada juga fitur lain yang bisa digunakan dengan digital, seperti peringatan bencana.

Selain itu, sumber daya spektrum frekuensi radio juga dapat dihemat, dan dapat dialihkan untuk kepentingan lain seperti untuk pendidikan, kesehatan, serta mendorong pembangunan infrastruktur internet dengan lebih merata.

Konten siaran juga dijanjikan akan bertambah dan lebih beragam. Ini juga bisa mendorong industri kreatif untuk berkontribusi lebih besar di bidang penyiaran.

Apa itu ASO dan apa untungnya bagi masyarakat? Lalu bagaimana cara pindah dari TV analog ke TV digital? Di mana saja Posko ASO di Jabodetabek? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Apa Itu ASO? Apa Untungnya bagi Masyarakat?

3 dari 4 halaman

Infografis Cara Pindah dari TV Analog ke TV Digital

4 dari 4 halaman

Infografis Posko ASO di Jabodetabek, TV Analog Pindah ke TV Digital

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.