Sukses

R20 Wujud Nyata Usaha Perdamaian Dunia Lewat Nilai Keagamaan

Forum R20 digelar dengan maksud untuk menjembatani konsep dialog tradisional antar agama yang berlangsung selama beberapa dekade dengan hasil dan tujuan yang dinilai konkrit.

Liputan6.com, Jakarta Pendiri Pusat Nilai-Nilai Peradaban Bersama atau Center for Shared Civilization Values, Holland Taylor mengatakan, Nahdlatul Ulama (NU) telah lama sejak lama memfokuskan perhatian dan mengerahkan upaya untuk menciptakan integrasi sosial.

Hal ini dia sampaikan di Forum Religion 20 (R20) yang menjadi rangkaian acara G20. 

NU telah bekerja selama bertahun-tahun dengan cara yang sangat sistematis dan institusional untuk sampai pada titik di mana kita duduk di acara ini (R20)," kata Holland di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua Bali Rabu (2/11/2022). 

Menurutnya, upaya dalam menjaga dan menguatkan keselarasan sosial itu, akhirnya diwujudkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk memprakarsai hadirnya forum dialog para pemuka agama dunia hari ini dengan menggandeng Liga Muslim Dunia atau Muslim World League (MWL). 

"NU memilih bermitra dengan Liga Muslim Dunia, sangat jelas karena organisasi ini mengambil beberapa langkah yang sangat signifikan (untuk perdamaian melalui nilai agama)," jelas Holland. 

Holland meyakini, kemitraan NU dengan Liga Muslim Dunia hari ini bertujuan membentuk peran strategis mewujudkan integrasi sosial demi kehidupan yang lebih harmonis dan damai. 

"Kami percaya NU dan MWL serta organisasi keagamaan lainnya yang tergabung bersama di R20, dapat membantu mengidentifikasi dan menemukan solusi untuk persoalan yang muncul dari polarisasi dan konflik global," dia menandasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Itu Religion 20?

Forum R20 digelar dengan maksud untuk menjembatani konsep dialog tradisional antar agama yang berlangsung selama beberapa dekade dengan hasil dan tujuan yang dinilai konkrit. 

Harapannya, dalam dialog yang berlangsung selama 2-3 November 2022 di Nusa Dua Bali ini, Indonesia dapat memberi solusi dalam membangun hubungan antar manusia dan hal yang bersinggungan baik Timur dan Barat dapat terwujud. 

Selain itu, Forum R20 juga dilaksanakan dalam rangka untuk mencegah konsep atau inisiatif yang salah atau mencurigakan, ataupun yang menyebabkan bentrokan antara peradaban dan budaya. 

R20 akan diisi oleh sejumlah peserta dari berbagai negara. Total, ada 464 orang dan 170 di antaranya dari luar negeri yang berasal dari lima benua. Para pemimpin agama, sekte, dan aliran kepercayaan ini akan berdiskusi bagaimana agama efektif berkontribusi bagi perbaikan ekonomi-politik global.

3 dari 3 halaman

Sekjen Liga Muslim Dunia: R20 Wujud Usaha Nyata Perdamaian Dunia

Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Syekh Mohammed Al-Issa menyampaikan pidato pembukanya dalam Forum Religion Twenty (R20).

Menurut dia, begitu banyak masalah di dunia ini yang dilatari agama. Oleh karena itu, sudah sepatutnya sebagai umat beragama untuk bersatu membangun perdamaian dunia.

"Tugas kita membangun, mewujudkan perdamaian di antara semua kalangan,” katanya Syekh Al-Issa di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022).

Dia meyakini, Forum Agama G20 (R20) sangat penting untuk mewujudkan gagasan perdamaian secara nyata. Sebab akan banyak dialog keagamaan yang ada dalam tataran konsep.

"Dari Bali-lah, akan ada aksi nyata mewujudkan perdamaian antarpemeluk agama," kata tokoh Muslim Arab Saudi yang mendapatkan gelar doktor kehormatan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur ini.

Syekh Al-Issa menambahkan, ada banyak persoalan global yang muncul dewasa ini. Dia berharap, Forum R20 sebagai upaya untuk dapat menghadirkan solusi atas persoalan tersebut dapat memetakan hal-hal apa saja yang menjadi ketidakpahaman dan silang pendapat di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.