Sukses

Ma'ruf Amin Tiba di Abu Dhabi, Akan Bertemu Presiden Persatuan Emirat Arab

Kedatangan Wapres Ma'ruf Amin ke Persatuan Emirat Arab (PEA) merupakan bagian dari kunjungan kerja ke Timur Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin beserta rombongan tiba di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA), Selasa sore, 1 November 2022. Rombongan tiba setelah menempuh penerbangan kurang lebih 8 jam dari Jakarta.

Di Bandara Internasional Abu Dhabi, Ma'ruf dan Ibu Wury disambut oleh Menteri Energi dan Infrastruktur PEA Suhail Mohamed Far Almazrouei, Duta Besar Indonesia untuk PEA Husin Bagis, serta Atase Pertahanan RI di Riyadh Brigjen TNI Putut Witjaksono.

Tampak pula barisan pasukan kehormatan pemerintah PEA yang turut menyambut kedatangan Ma'ruf di bawah tangga pesawat.

Kedatangannya ke PEA merupakan bagian dari kunjungan kerja Ma'ruf Amin ke Timur Tengah. Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi menyatakan, sebelum menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim COP 27 di Mesir, Ma'ruf akan terlebih dahulu melakukan sejumlah agenda di Persatuan Emirat Arab (PEA) termasuk bertemu Presiden PEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Rencananya pada hari ini, Rabu (2/11/2022), Ma'ruf dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Presiden MBZ untuk membahas sejumlah isu strategis Indonesia - PEA di Istana Al Shatie Abu Dhabi. Selanjutnya Ma'ruf akan bertemu Presiden dan Sekretaris Jenderal Abu Dhabi Forum for Peace (ADFP) di Hotel Emirates Palace.

Selain bertemu Presiden dan Sekjen ADFP, di Abu Dhabi, Ma'ruf juga akan memberikan pidato pada Pertemuan Ke-9 ADFP.

"Acara di Abu Dhabi, Wapres akan menghadiri sebuah seminar internasional mengenai forum perdamaian. Itu dihadiri oleh berbagai negara dan yang menarik bahwa Wapres dalam acara itu akan menyampaikan pengalaman-pengalaman yang penting bagi negara Indonesia yang sudah mampu mengelola hubungan baik antarumat beragama," kata dia.

"Dan ini akan dijadikan contoh bagaimana Indonesia bisa melaksanakan kerukunan umat beragama dan bagaimana Islam sebagai mayoritas penduduknya di Indonesia tapi menghormati dan mempunyai hak-hak yang sama antara yang mayoritas dengan yang minoritas," papar Masduki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sambangi Dubai

Pada Rabu sore, Ma'ruf dan rombongan bertolak ke Dubai untuk melakukan rangkaian aktivitas lainnya.

Di Dubai pada hari ketiga kunjungan, Kamis 3 November 2022, kata Masduki, Ma'ruf dijadwalkan melakukan pertemuan dengan perwakilan Dubai Holding di Hotel Raffles. Selain itu, di lokasi yang sama rencananya Wapres juga akan bertemu perwakilan Lembaga Publisher Global Islamic Index.

"Wapres akan bertemu beberapa petinggi penting di Dubai, yang akan dibicarakan itu adalah kemungkinan-kemungkinan kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah kota Dubai. (Termasuk) hubungan dagang dan hubungan ekonomi akan diintensifkan, bank syariah ataupun yang lain, yang penting keduanya bisa saling menguntungkan," ungkapnya.

Pada hari keempat kunjungan, Jumat 4 November 2022, Ma'ruf diagendakan meninjau Kantor Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Dubai. Kemudian pada sore harinya, Wapres dan rombongan bertolak ke Kairo, Mesir.

"Wapres akan berkunjung ke BSI karena itu memang satu-satunya bank syariah yang ada di Indonesia yang punya cabang itu di Dubai. Itu akan ada semacam kunjungan khusus dari Wapres," ungkap Masduki.

3 dari 3 halaman

Ke Kairo, Mesir

Selanjutnya di Kairo, tutur Masduki, pada hari kelima kunjungan, Sabtu 5 November 2022, Ma'ruf akan bertemu dengan para mahasiswa dan diaspora Indonesia di Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo. Pada kesempatan ini Wapres akan menyaksikan penyerahan 300 beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada perwakilan mahasiswa Indonesia yang tengah melaksanakan studi di Mesir.

Hari keenam kunjungan, Minggu 6 November 2022, Ma'ruf akan mengunjungi Museum Nasional Peradaban Mesir. Usai peninjauan, Wapres dan rombongan dijadwalkan bertolak ke Sharm El Sheikh untuk menghadiri rangkaian KTT Perubahan Iklim COP 27.

Masduki memaparkan, pada hari ketujuh kunjungan, Senin 7 November 2022, sekitar pukul 12.15 waktu setempat Ma'ruf akan menghadiri pembukaan KTT COP 27 di Sharm El Sheikh International Convention Center.

Di KTT COP 27 ini, Wapres diagendakan menyampaikan Pidato (National Statement) pada High Level Segment hari pertama atau kedua (7 atau 8 November) sesuai urutan kepala negara/pemerintahan yang saat ini masih disusun panitia.

"KTT COP 27 adalah forum PBB tahunan. Forum itu berbicara mengenai perubahan-perubahan iklim di mana seluruh negara harus bersepakat untuk mencapai tingkat kebersihan iklim dari yang sekarang. Indonesia sudah berkomitmen sedemikian rupa dan komitmen Indonesia akan disampaikan oleh Wapres di situ dengan harapan juga komitmen antara negara berkembang dan negara maju itu sama-sama bisa ditaati," terangnya.

Keesokan harinya atau hari kedelapan kunjungan, Selasa 8 November 2022, menurut Masduki, Ma'ruf diagendakan kembali menghadiri High Level Segment hari kedua.

Setelah itu, sebelum bertolak kembali ke Jakarta, Ma'ruf akan menyempatkan diri meninjau Paviliun Indonesia yang ada di Sharm El Sheikh International Convention Center.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.