Sukses

Atasi Genangan Saat Hujan, Pemkot Jakpus Buat 1.989 Sumur Resapan

Salah satu sumur resapan yang berhasil menyeap air ada di Jalan Abdul Jalil, Itu karena tanahnya bagus.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Jakarta Pusat telah membuat 1.989 sumur resapan di berbagai lokasi guna mengatasi genangan saat hujan.

"Yang dibangun oleh Dinas SDA DKI Jakarta 1.524 titik dan yang dibangun Suku Dinas SDA Jakpus 465 titik," ujar Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat Mustajab saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Mustajab mengatakan, salah satu sumur resapan ada di Jalan Abdul Jalil dianggap berhasil karena tanahnya bagus dalam menyerap air.

Tidak semua sumur resapan lapisan tanahnya bisa dimanfaatkan untuk meresap air. "Contohnya saja di Monumen Nasional (Monas), airnya dangkal sehingga tidak bisa meresap air terlalu banyak," ungkapnya.

Mustajab menjelaskan, fungsi sumur resapan memang harus bisa meresap air. Namun jika lapisannya sudah jenuh air, maka fungsi sumur resapan berkurang dan lebih tepat harus dibuatkan vertikal drainase.

"Kalau sumur resapan tidak bisa menyerap lagi harus beralih jadi vertikal, yang dilakukan dengan dibor sampai kedalaman tanah pasir," katanya yang dilansir dari Antara.

Sementara Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus) Dhany Sukma menyebutkan, salah satu sumur resapan di Jakarta Pusat ada di Jalan Abdul Jalil, Tanah Abang. Ini merupakan sumur resapan yang efektif dan dianggap mampu mengatasi banjir di wilayah tersebut.

"Yang berhasil itu sumur resapan yang bermanfaat ada di Jalan Abdul Jalil," ujar Dhany Sukma saat dikonfirmasi di Jakarta Pusat, Sabtu.

Dhany mengemukakan, di wilayahnya tidak ada banjir ataupun genangan. Hal tersebut karena bangunan sumur resapan dan kolam penampungan di sejumlah lokasi.

"Ada sembilan sumur resapan di Masjid Al-I'tisham, kita kerja sama dengan pihak masjid, terdapat kolam, Alhamdulillah sekarang tidak ada banjir dan genangan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diminta di Bawah Komando Heru

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, berharap Penjabat Gubernur (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono dapat meyelesaikan program penanganan banjir, salah satunya sumur resapan. Dia mengharapkan program ini bisa berjalan efektif di bawah komando Heru.

Pasalnya, Prasetyo menilai program sumur resapan di periode sebelumnya telah salah sasaran dan tidak efektif dalam menanggulangi banjir. Dia mengajak Heru bekerja sama dengan DPRD selama menjabat sebagai gubernur.

"Ayo kita kerja sama yang dinamis. Teman-teman ASN jangan berpolitik, jadi biar berkesinambungan antara eksekutif dan legislatif berhalan lancar," kata Prasetyo dikutip dari siaran pers, Rabu (19/10/2022).

Selain banjir, tugas berat lainnya yang menanti Heru yakni, kemacetan di ibu kota Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali yang merasa kehadiran Heru Budi Hartono akan memudahkan tugas dalam menuntaskan masalah di Jakarta.

"Saya yakin ini memudahkan kita menjalankan tugas kita ke depan yang cukup banyak di Jakarta," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.