Sukses

PPP Lirik Sosok Capres dengan Elektabilitas Tinggi, Kode Keras Dukung Ganjar?

Perhitungan itu juga dilakukan, agar sosok yang diusung tidak salah dan dapat mengambil keputusan yang tepat untuk mengangkat posisi PPP.

Liputan6.com, Jakarta - Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono mengatakan bahwa partainya tengah melakukan perhitungan politik terkait sosok calon presiden yang tepat untuk diusung pada Pemilu 2024. Hal itu, guna memberikan efek elektoral kemenangan kepada PPP.

"Kita sedang berhitung-hitung politik, bahwa kalau kita ingin mendapatkan efek elektoral atau mendapatkan efek elektabilitas dari pada tokoh, tentu kita memilih dari survei yang tertinggi, tentu ini pikirian-pikiran yang rasional," kata Mardiono, saat ditemui di Kantor DPP PPP, Jakarta, Selasa (25/10/2022) malam.

"Kalau saya berpikir, saya mau mendapatkan efek elektoral, tapi dari yang rendahkan kurang rasional, ya tentu saya mendapatkan pilihan dari tokoh-tokoh yang mendapatkan survei atau nilai-nilai yang tinggi. Itulah insyaAllah pikiran-pikiran politik PPP yang akan mengedepankan hitung-hitungan yang rasional juga artinya tidak berpolitik membabi buta," sambungnya.

Perhitungan itu juga dilakukan, agar sosok yang diusung tidak salah dan dapat mengambil keputusan yang tepat untuk mengangkat posisi PPP. Yang mana, diberbagai lembaga survei menyatakan elektabilitas PPP paling rendah.

"Jangan asal orang, kemudian asal pilihan, tidak. Kita akan rasional karena prinsipnya kita berpolitik adalah ini bagian dari andil pengabdian kita kepada bangsa dan negara termasuk diantaranya untuk membangun bangsa yang terbaik dihari-hari kedepan," ujarnya.

Sosok teratas menurut berbagai lembaga survei diduduki oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kode Keras untuk Ganjar

Saat ditanyai apakah sosok yang sedang diperhitungkan adalah Ganjar, Mardiono enggan menjelaskan dengan rinci. Dia menyebut saat ini PPP tengah menggodok aspirasi atau masukan dari akar rumput PPP.

Yang mana, diberbagai daerah akar rumput PPP mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung PPP.

"Ya kita sekarang ini sedang merangkum juga dari suara-suara arus bawah tentu nanti ada mekanismenya partai ini, termasuk ada tokoh ulama yang tergabung dalam majelis-majelis kemudian tentu nanti ada Mukernas tentu juga digodok di pengurus-pengurus. Baru nanti kita ambil keputusan," imbuh Mardiono.

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.