Sukses

Muzani Gerindra Safari ke Pondok Pesantren di Jabar: Nasihat Ulama Penting

Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani melakukan safari dan bersilahturahmi ke sejumlah pondok pesantren (ponpes) di Tasikmalaya dan Ciamis, Jawa Barat, Senin (24/10/2022).

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani melakukan safari dan bersilahturahmi ke sejumlah pondok pesantren (ponpes) di Tasikmalaya dan Ciamis, Jawa Barat, Senin (24/10/2022).

Dia mengatakan, silahturami ini dalam rangka hari santri dan menyampaikan pesan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Di awal, dirinya bersama rombongan mengunjungi ponpes KH Fadlil Yani Ainusyamsi dan ponpes Suryalaya.

"Pak Prabowo menyampaikan salam hormat untuk Kyai, beliau minta maaf belum bisa berkunjung langsung," kata Muzani, Senin (24/10/2022).

Dia menuturkan, melalui silahturahmi persahabatan Prabowo dengan para kyai dan keluarga besar ponpes terus terbina dengan baik.

Sementara di Ponpes Suryalaya, menyebut pesantren tersebut telah memberikan kontribusi terhadap pembangunan moral bangsa. Karena itu, dirinya memastikan Partai Gerindra akan berupaya untuk selalu berjuang untuk kepentingan rakyat.

"Itu sebabnya kami datang ke sini untuk meminta doa dan bimbingan kyai. Karena ketulusan saja tidak cukup dalam berjuang di politik. Nasihat kyai dan ulama sangatlah penting untuk menjaga kesucian perjuangan tersebut," jelas Muzani.

"Sebagaimana pesan Pak Prabowo kepada kami-kami ini untuk selalu dekat dengan ulama. Karena berjuang di jalur politik perlu bimbingan dan arahan dari orang-orang yang menjadi mata hati rakyat yaitu para kyai, ajengan dan ulama. Itu semata-mata agar kami bisa berjuang untuk kepentingan rakyat, kemaslahatan umat, dan kebaikan bersama," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penting Bagi Parpol

Menurut Muzani, penting bagi partai politik untuk menjalin hubungan dan belajar dengan para pimpinan ponpes.

Karena sejatinya pimpinan ponpes adalah orang yang sudah selesai dengan pribadinya.

"Ponpes turut andil mencerdaskan kehidupan bangsa. Mereka mengambil peran apa yang menjadi tanggung jawab negara. Kyai pondok pesantren pada umumnya adalah orang-orang yang sudah selesai dengan dirinya sendiri. Dan sisa masa hidupnya dilakukan hanya untuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.