Sukses

Jurus Pemkot Tangerang Pantau Kesehatan Lansia, Berikan Layanan Home Care

Dia juga menjelaskan, dalam Home Care Lansia petugas melalukan pemeriksaan tanda-tanda vital pada lansia.

 

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu bentuk pemerataan kesehatan masyarakat di wilayah kerja. Puskesmas di Kota Tangerang rutin menggelar pendampingan kesehatan lansia, melalui layanan Home Care Lansia, disetiap minggunya secara door to door atau dari rumah ke rumah.

Minggu ini, Home Care Lansia berlangsung di wilayah RT 01, RW 02, Kelurahan Cikokol, Sabtu (22/10/22). Kepala Puskesmas Cikokol, dr Achmad R Miftah menjelaskan setiap pasien atau lansia mendapat layanan Home Care Lansia setiap sebulan sekali.

"Layanan ini untuk lansia yang memang membutuhkan bantuan kesehatan, namun tidak bisa berkunjung ke Puskesmas langsung, karena terhambat kondisi kesehatan. Namun, kalau masih bisa berkunjung ke Puskesmas disarankan untuk bisa langsung datang saja," ujar dr Achmad, Sabtu (22/10/2022)

Dia juga menjelaskan, dalam Home Care Lansia petugas melalukan pemeriksaan tanda-tanda vital pada lansia. Seperti tekanan darah, nadi, suhu, pernapasan hingga pemeriksaan fisik terkait keluhan lansia tersebut.

Tak jarang, kata dr Achmad petugas kesehatan juga melakukan pemeriksaan laboratoirum sederhana bila diperlukan. "Seperti gula darah, asam urat hingga kolesterol. Secara obat-obatan juga disiapkan Puskesmas sesuai kebutuhan lansia tersebut," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rumah Sakit Juga Lakukan Layanan ke Rumah

Pasca-operasi bypass jantung, ternyata pasien bisa melakukan perawatan dari rumah. Hal tersebut dialami Muryanah (66), warga Koang Karawaci, Kota Tangerang yang melakukan perawatan pasca-operasi bypass jantung.

Dia mengaku melakukan perawatan di rumah lantaran menjaga tubuhnya pasca-operasi dilakukan. Setelah menjalani operasi, sepekan setelahnya Muryanah telah mendapatkan tiga kali kunjungan dokter.

Kunjungan pertama dan kedua tim medis yang terdiri dari dokter umum dan perawat melakukan tindakan layanan post op CABG meliputi EKG, cek lab dan perawatan luka. Sedangkan kunjungan ketiga layanan laboratorium melalui tindakan pengambilan sampel darah pasien.

Nursing & Homecare Senior General Manager Siloam Hospitals Grup, Riny Chandra mengatakan, Siloam Home Care mencakup sejumlah layanan seperti post stroke, perawatan luka, rehabilitasi medis, paska persalinan, check up, tes covid dan isoman, catering sehat dan lainnya.

"Masyarakat dapat mendapatkan layanan preventative termasuk layanan rehabilitative yang terdapat di 41 unit rumah sakit Siloam dan dapat diakses setiap harinya", katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.