Sukses

18 Calon Dirjen Imigrasi Ikuti Seleksi Kompetensi Bidang, Ada Dirut Krakatau Steel

Tahapan ini penting untuk mengetahui sejauh mana kompetensi kandidat dalam bidang imigrasi.

 

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 18 orang calon Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi dari kalangan non-Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengikuti tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Salah satunya, ada nama Direktur Utama (Dirut) PT Krakatau Steel Tbk. Silmy Karim.

Seleksi Kompetensi Bidang ini dilakukan dengan cara penulisan makalah. Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Komjen Andap Budhi Revianto mengatakan tahapan ini penting untuk mengetahui sejauh mana kompetensi kandidat dalam bidang imigrasi.

"SKB berupa penulisan makalah mengukur kompetensi para peserta tentang bidang yang dilamar, yaitu keimigrasian. Apalagi tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang berkembang dari waktu ke waktu," kata Andap dikutip dari siaran persnya, Sabtu (22/10/2022).

Dia menjelaskan penulisan makalah ini menuntut ketajaman analisis dan inovasi peserta terkait layanan imigrasi. Dalam seleksi ini, peserta hanya boleh menggunakan laptop yang disediakan panitia.

Adapun seleksi ini bersifat "closed book". Dengan begitu, para peserta dilarang mencari referensi dari media apapun seperti handpohone, internet, maupun catatan.

"Peserta tidak boleh menggunakan HP, internet, USB, catatan, atau media lainnya dalam penulisan makalah. Murni kesiapan dan kompetensi bidang yang mereka miliki," jelasnya.

Sebelum memulai seleksi berdurasi tiga jam ini, perwakilan peserta terlebih dahulu melakukan undian tema makalah. Dari tiga tema yang disiapkan panitia, terpilih tema Penguatan Ditjen Imigrasi dalam mewujudkan rencana strategis Kementerian Hukum dan HAM 2020-2024.

"Semua peserta menggunakan tema yang sama. Namun memilih judul, pembahasan, serta analisis secara individu," ujar Andap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar 18 Calon Dirjen Imigrasi

Peserta yang mengikuti SKB telah lulus seleksi administrasi. Dari 30 orang yang lulus seleksi administrasi, sejumlah 18 orang yang hadir pada SKB. Sedangkan 12 lainnya tidak hadir.

Tahapan selanjutnya yang harus diikuti oleh peserta adalah seleksi kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural. Kemudian, akan dilanjutkan dengan tahapan tes wawancara.

Seperti diketahui, Kemenkumham telah membuka seleksi jabatan Dirjen Imigrasi untuk kategori PNS, TNI, dan Polri. Peserta dalam kategori ini tengah bersiap menghadapi tahapan wawancara.

Berikut adalah ke-18 peserta yang mengikuti seleksi SKB:

1. Silmy Karim

2. Dorry Sonata

3. Leonardo Sipayung

4. Denny Iskandar

5. Adhi Sri Kuncoro Harimawan

6. James Willem Victor Woisiri

7. Titiek Susiana S

8. Budi Purwanto

9. Adi Suminto

10. Muhammad Sharif Abdul Rahman

11. Berman Agust Budiman Siregar

12. Muhammad Rahmad

13. Jaya Santoso

14. Andi Syafrani

15. Budi Aryanto

16. Heru Kustiyono

17. Uyan Setiawan Askam

18. Antonius Krismawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.