Sukses

MUI-IDF Jalin Kerjasama Multi Sektor Bangkitkan Ekonomi Pasca Pandemi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Islamic Dakwah Fund (IDF) bersama dengan PT Indomarco Prismatama, bekerjasama dalam Program Peduli Pendidikan, Tempat Ibadah, dan Mitra UMKM.

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Islamic Dakwah Fund (IDF) bersama dengan PT Indomarco Prismatama, bekerjasama dalam Program Peduli Pendidikan, Tempat Ibadah, dan Mitra UMKM. Menurut Wakil Ketua MUI-IDF, KH Nurrohman, kerjasama ini kolaborasi yang dilakukan untuk menguatkan perekonomian, khususnya saat dan pasca pandemi Covid-19.

"Krisis ekonomi di Indonesia dapat diminimalkan dampaknya dengan jalinan kerja sama dari berbagai pihak, salah satunya dengan penyaluran dana kepada penerima manfaat," kata Nurrohman di Pondok Pesantren Technopreneur As-Shofa, Tangerang, Banten, seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (19/10/2022).

Nurrohman meyakini, kolaborasi yang terjalin saat ini dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain dalam menghadapi krisis ekonomi. Senada dengan itu, Selain itu, lanjut dia, terdapat tiga unsur sinergi yang tidak boleh hilang dalam membangun perekonomian bangsa.

"Pertama, kehadiran para ulama, sebagai guru sekaligus contoh yang mampu dijadikan rujukan masyarakat luas. Kedua, kerja sama antara para stakeholder yang ada, seperti TNI, Polri, hingga pejabat pemerintahan lain dan Ketiga, dukungan peran aktif masyarakat," ujar Pimpinan Pondok Pesantren Technopreneur As-Shofa ini.

Senada dengan itu, Public Relation Manager PT Indomarco Prismatama, Bambang Triyanto, menyebut penyaluran dana sebesar Rp 2,8 miliar kepada IDF-MUI, diwujudkan dalam sarana pendidikan di 15 lembaga, 55 orang penerima manfaat dari UMKM dan pedagang kelontong, serta renovasi tempat ibadah.

"Kami harap bantuan dan kerja sama IDF-MUI dapat dipergunakan untuk pendidikan dan meningkatkan ekonomi UMKM, khususnya di saat dan pasca pandemi," kata Bambang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus ke Pendidikan

Bambang menambahkan, sektor pendidikan anak dipilih karena kerja sama pihaknya dengan dengan IDF-MUI sejak 2018 yang selama ini cenderung fokus pada pendidikan.

“Mengapa pendidikan? Ini karena karena pendidikan adalah hal yang penting untuk dapat mencerdaskan negara ataupun membentuk karakter menurut penerus bangsa yang unggul," jelas dia.

Sebagai informasi, dana terkumpul dari PT Indomarco Prismatama berasal dari dua sumber. Pertama, melalui hasil kembalian pelanggan Indomaret dan Kedua, donasi dengan sekian nominal yang diberikan langsung di Indomaret.

Dalam cara tersebut, turut hadir pula di antaranya, perwakilan pengurus IDF-MUI, para pengurus PT Indomarco Prismatama, Kadis Kab Tangerang, alim ulama, camat Kecamatan Rajeg, hingga para santri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI