Sukses

3 Fakta Persiapan Pernikahan Putra Bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono

Seperti diketahui, kedekatan Kaesang Pangarep dan Erina mulai terendus publik saat keduanya tampil bersama melihat laga Persis Solo di Stadion Manahan, Solo pada Juni 2022 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Kisah cinta putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep kerap menyita perhatian publik. Terlebih saat ini jalinan asmaranya dengan jebolan Putri Indonesia, Erina Gudono akan berakhir di pelaminan.

Ya, kabar rencana pernikahan keduanya kian santer terdengar usai Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa membeberkannya pada pembukaan grand final e-sport di GOR Sritex Arena, Sabtu, 10 September 2022 lalu.

"Yang pertama, kami mohonkan izin pak wali kota (Gibran Rakabuming Raka) ini di akhir menuju bulan Desember disibukkan dengan akan mantu terakhirnya Pak Presiden. Jadi Mas Kaesang mungkin di penghujung Desember akan ada pernikahan di Kota Surakarta," kata Teguh Prakosa dalam sambutannya.

Seperti diketahui, kedekatan Kaesang Pangarep dan Erina mulai terendus publik saat keduanya tampil bersama melihat laga Persis Solo di Stadion Manahan, Solo pada Juni 2022 lalu.

Hubungan Erina dengan keluarga besar Presiden Jokowi juga pun kerap diperlihatkan dari sejumlah momen keluarga yang dibagikan lewat media sosial.

Untuk diketahui, jebolan Putri Indonesia tahun 2022 ini, lahir di Pennsylvania, Amerika Serikat, pada 11 Desember 1996. Erina juga telah menyelesaikan S2 untuk studi Master of Public Administration di Columbia University dan pernah mengikuti program pertukaran ke Showa Women's University of Japan.

Selain mengikuti ajang Putri Indonesia, calon mantu Presiden Jokowi tersebut juga memiliki sederet prestasi. Kekasih Kaesang ini pernah menjadi delegasi Indonesia untuk Harvard World Model United Nation dan juara 1 Business Project Competition di Tokyo.

Perempuan yang kini genap berusia 26 tahun tersebut juga terbilang aktif dalam sejumlah kegiatan sosial. Salah satunya aktif mengadvokasi dan membantu perempuan dan anak-anak yang tinggal di komunitas marginal di Yogyakarta.

Lantas, seperti apa persiapan keluarga Presiden Jokowi mendekati pernikahan Kaesang dan Erina Gudono yang jatuh pada Desember nanti?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jokowi Cek Lokasi Akad Nikah Kaesang

Jelang pernikahan Kaesang dan Erina pada Desember 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi Pendopo Agung Ambarrukmo yang berada di kawasan Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta, Minggu, 16 Oktober 2022.

Rencananya, Pendopo Agung Ambarrukmo akan menjadi lokasi akad nikah anak bungsunya dengan mantan finalis Putri Indonesia 2022.

Jokowi datang ke Pendopo Agung Ambarrukmo bersama dengan empat menterinya, Erick Thohir, Pratikno, Bahlil Lahadalia, dan Luhut Binsar Pandjaitan. Tidak hanya itu, Kapolda DIY dan Pangdam Diponegoro juga ikut menemani presiden.

Menurut General Manager Royal Ambarrukmo Hotel Herman Courbois, kedatangan Jokowi untuk melihat alternatif tempat yang rencananya digunakan untuk rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina.

“Presiden hanya melihat bagian depannya saja,” ucapnya.

Sebelumnya, dalam silaturahmi warga Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Muhaimin, pakde Erina Gudono, menyebutkan rangkaian acara pernikahan Kaesang dan keponakannya yang sebagian digelar di Yogyakarta. Sekalipun belum menyebutkan tanggal pastinya, namun rangkaian acara akan dimulai Rabu sampai Sabtu.

“Pada Sabtu pagi akan diadakan akad nikah di Pendopo Agung Ambarrukmo Yogyakarta terbatas untuk 100 undangan saja,” tuturnya.

 

3 dari 4 halaman

2. Gibran Beberkan Persiapan Pernikahan Kaesang

Sementara itu, kakak kandung Kaesang yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sedikit membocorkan panitia untuk persiapan pernikahan telah dibentuk.

"Pasti ada panitianya tapi nanti tanya Kaesang ya. Sudah, pasti sudah dibentuk kan tinggal sedelo (sebentar)," kata Gibran ketika ditanya terkait pembentukan panitia pernikahan Kaesang – Erina.

Meski demikian, putra sulung Presiden Jokowi itu enggan berkomentar lebih jauh terkait pernikahan adiknya. Bahkan saat ditanya mengenai lokasi hingga tanggal pernikahan, Gibran tetap tidak mau menjawabnya.

"(Jogja atau Solo) Takon Kaesang wae ya. (pertengahan atau akhir Desember) Nanti tanya Kaesang saja ya," ujarnya.

Meski demikian, putra sulung Presiden Jokowi itu enggan berkomentar lebih jauh terkait pernikahan adiknya. Bahkan saat ditanya mengenai lokasi hingga tanggal pernikahan, Gibran tetap tidak mau menjawabnya.

"(Jogja atau Solo) Takon Kaesang wae ya. (pertengahan atau akhir Desember) Nanti tanya Kaesang saja ya," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

3. Urutan Prosesi Rencana Pernikahan Kaesang

Erina Gudono tercatat sebagai warga Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam pertemuan silaturahmi warga RT 03 RW 58 dan 59 Purwosari, Muhaimin, pakde Erina Gudono memaparkan rencana prosesi pernikahan keponakannya itu. Rencananya pernikahan Kaesang dan Erina akan digelar pada Desember 2022.

"Acara akan dimulai pada Rabu dengan tonjokan," ujar Muhaimin, Sabtu (15/10/2022).

Tonjokan adalah tradisi di kampung Purwosari sebelum menggelar hajatan. Biasanya dilakukan dengan syukuran dan mengantarkan berkat ke warga atau tetangga sekitar.

"Tradisi ini tetap dilakukan karena ibu Erina (Sofiatun Gudono) ingin tradisi ini tetap dilakukan," ucap Muhaimin.

Keesokan harinya, yakni Kamis akan digelar pengajian. Prosesi siraman dilakukan pada Jumat pagi.

Dalam prosesi siraman, Muhaimin menyebutkan sudah ada rencana sejumlah nama yang ikut dalam siraman, seperti GKR Hemas, Gusti Putri atau KGBRAy Paku Alam X, Ibu Pratikno, ibu nyai dari pesantren, dan sebagainya.

"Malam harinya midodareni dan presiden datang pada saat itu," kata Muhaimin.

Sementara, rencana akad nikah digelar di Pendopo Agung Ambarrukmo Yogyakarta pada Sabtu pagi. Prosesi ini digelar terbatas hanya 100 orang.

"Yang tidak terbatas rencananya resepsi di Solo," tuturnya.

 

Widiyaningsih 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.