Sukses

Heru Budi Disambut Meriah Pegawai Istana Usai Dilantik Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengunjungi Istana Kepresidenan Jakarta, usai resmi dilantik menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta, Senin (17/10/2022).

Liputan6.com, Jakarta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengunjungi Istana Kepresidenan Jakarta, usai resmi dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Senin (17/10/2022). Heru menyapa dan berpamitan dengan para ASN Sekretariat Presiden, sebelum melaksanakan tugas sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta di balai kota.

Berdasarkan pantaun Liputan6.com, Heru tiba di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta sekitar pukul 09.50 WIB dengan memakai baju dinas gubernur bewarna putih. Kedatangan Heru pun langsung disambut meriah oleh para pegawai Sekretariat Presiden.

Mereka pun menyalami Heru dan meminta untuk berfoto bersama. Heru pun melayani permintaan para pegawai Istana yang ingin berfoto bersama.

Dia pun meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan, setelah sekitar setengah jam bertemu dengan para pegawai Sekretariat Presiden. Heru meninggalkan Istana dengan menggunakan mobil hitam dengan plat nomor B 1 DKI.

Heru menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh para pegawai Sekretariat Presiden. Dia akan mulai berkantor di Balai Kota pada Senin hari ini.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, tokoh masyarakat, dan tentunya para pejabat yg telah mendukung secara moril kepada saya agar kami bisa melaksanakan tugas dengan baik," kata Heru kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Dia mengatakan masih menjadi Kepala Sekretariat Presiden. Namun, tugasnya sehari-hari akan dijalankan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Mahmudin dan Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani.

"Tugas sehari-hari Pak Bey, Bu Rika untuk kegiatan sehari-hari memimpin rapat dan lain-lain. Tentunya ada hal-hal yang memang harus kami bertiga mengambil sebuah keputusan," ujar Heru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilantik Mendagri

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Senin (17/10/2022). Pelantikan dilakukan di Kantor Kemendagri Jakarta.

Adapun pelantikan Heru berdasarkan Keppres Nomor 100/P tahun 2022 tentang Pengesahan dan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2017-2022 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur DKI Jakarta.

"Mengangkat Saudara Heru Budi Hartono sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta, terhitung sejak saat pelantikan untuk masa jabatan paling lama 1 tahun," demikian bunyi Keppres yang dibacakan saat pelantikan, Senin.

Heru menggantikan posisi Anies Baswedan yang masa tugsasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta habis pada Minggu, 16 Oktober 2022. Heru akan mengemban posisi tersebut, setidaknya hingga jabatan gubernur definitif DKI Jakarta ditentukan melalui Pilkada 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.