Sukses

DPRD DKI Sudah Beri PR untuk Heru Budi Sebagai Pj Gubernur Jakarta

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan, setidaknya ada tiga pekerjaan rumah yang harus diproritakan oleh Heru Budi Hartono setelah nanti dilantik menjadi Pj Gubernur Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan, setidaknya ada tiga pekerjaan rumah yang harus diproritakan oleh Heru Budi Hartono setelah nanti dilantik menjadi Pj Gubernur Jakarta.

"Persoalan banjir, menurut saya, bagi Pak Heru harus menjadi skala prioritas pertama. Kemudian, skala prioritas kedua adalah soal kebutuhan dasar warga Jakarta, salah satu adalah soal jaringan air bersih. Ini saya kira juga harus menjadi skala prioritasnya Pak Heru dalam mengemban tugas sebagai Pj gubernur DKI," kata dia kepada wartawan, Minggu (9/10/2022).

Selain skala prioritas tersebut, Gembong juga menyarankan beberapa hal yang harus dilakukan Heru. Pertama, Heru membangun chemistry dengan para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Pak Pj harus membangun chemistry yang kuat dengan SKPD. Artinya dengan pegawai negeri Jakarta, ASN kita harus dikompakkan, harus buat satu rampak barisan dalam mengemban tugas dan amanah sebagai Pj," jelas dia.

Kemudian, yang kedua adalah membangun koordinasi dan komunikasi dengan instansi vertikal atau instansi samping seperti dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA).

"Yang tidak kalah penting adalah membangun koordinasi dengan DPRD. Kalau itu semua sudah dibangun, maka Insyaallah Pak Pj mampu melakukan percepatan terhadap program-program yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) maupun Rencana Pembangunan Daerah (RPD) DKI Jakarta," tambah Gembong.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Bekerja Optimal

Lebih lanjut, Gembong mengatakan bahwa tidak ada agenda formal untuk memanggil Heru setelah dilantik menjadi Pj guna penyelarasan program kerja.

Meskipun demikian, Gembong yakin Heru bisa bekerja secara optimal.

"Setelah pelantikan ya memang tidak ada agenda formal yang mengharuskan DPRD harus melakukan koordinasi dengan Pj tapi saya yakin dan percaya ketika Pak Heru dilantik, maka saya yakin beliau juga akan membangun koordinasi dengan DPRD, itu sudah pasti," kata dia.

Reporter: Lydia Fransisca/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.