Sukses

Polri Ungkap Hasil Penyelidikan Penggunaan Jet Pribadi Brigjen HK Senin Besok

Polri telah memeriksa mantan anak buah Ferdy Sambo, Brigjen Hendra Kurniawan alias HK terkait dugaan penggunaan jet pribadi saat mendatangi keluarga Brigadir J di Jambi.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Cahyono Wibowo mengatakan, pihaknya telah memeriksa mantan Kepala Biro Pengamanan Internal (Karo Paminal) Divisi Propam Polri Brigjen Pol Hendra Kurniawan alias BJP HK atas tuduhan penggunaan jet pribadi.

Kendaraan super mewah itu diduga digunakan Brigjen HK saat menyambangi keluarga Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat di Jambi beberapa hari usai kematian ajudan Ferdy Sambo itu.

“BJP HK sudah dilakukan klarifikasi permintaan keterangan dalam penyelidikan terkait dugaan tindak pidana korupsi dalam penggunaan private jet,” kata Cahyo kepada wartawan melalui pesan singkat, Minggu (9/10/2022).

Cahyo menjelaskan, BJP HK diperiksa pada tanggal 7 Oktober 2022 di Mako Brimob. Pemeriksaan dilakukan sejak pukul 8 pagi dan berakhir pada pukul 2 siang. Meski begitu, Cahyo tak mau mengungkap hasil pemeriksaan melalui pesan singkat ini.

“Untuk perkembangan lidik nanti akan disampaikan kemudian ya, hari Senin,” tutur dia.

Kendati Cahyo meluruskan bahwa apa yang akan disampaikan pada hari Senin besok hanya sebatas kuantitas penyelidikan terkait dugaan penggunaan jet pribadi Brigjen HK. Sebab hal itu masuk ke dalam substantif perkara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diduga Terkait Konsorsium 303

Sebelumnya diberitakan, informasi soal penggunaan jet pribadi BJP HK pertama kali diungkap oleh Indonesia Police Watch (IPW).

IPW menduga, penggunaan jet pribadi BJP HK terkait dengan temuan aliran duit Rp155 triliun oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dari judi online.

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso mengatakan, jet pribadi itu diduga merupakan milik dari seseorang berinisial RBT. Hasil penelusuran IPW, jet ini juga sering digunakan oleh sejumlah pengusaha, salah satunya YS untuk keperluan bisnis Jakarta-Bali.

Oleh karena itu, Tim Khusus Polri diminta menjelaskan keterlibatan sosok RBT dan YS dalam kasus Ferdy Sambo dan Konsorsium 303, sekaligus membongkar perannya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.