Sukses

PPP DKI Jakarta Rekomendasikan Anies dan Sandiaga Maju Pilpres 2024

Muskercab DPC PPP se-DKI Jakarta merekomendasikan tiga nama yakni Muhammad Mardiono, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno sebagai Capres 2024. Rekomendasi tersebut akan disampaikan dalam Mukernas PPP se-Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Dinamika politik jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 semakin meningkat. Beberapa parpol bahkan sudah memunculkan nama-nama Calon Presiden (Capres) yang bakal diusung pada 2024 mendatang, tak terkecuali Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Belum lama ini, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP DKI Jakarta dalam Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) DPC PPP se-Ibu Kota yang digelar di kawasan Jakarta Barat pada Minggu (25/9/2022) merekomendasikan tiga nama Capres 2024.

Tiga nama tersebut antara lain Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono dari internal partai. Selanjutnya tokoh eksternal partai, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Ketua DPC PPP Jakarta Pusat Abdul Hai mengatakan, ketiga nama tersebut dipilih berdasarkan aspirasi enam DPC PPP se-DKI Jakarta. Namun karena hanya satu tokoh yang hadir menghadiri langsung Muskercab, maka DPW PPP DKI Jakarta saat itu hanya mengumumkan Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

"Jadi begitu Muskercab DPC se-DKI Jakarta kita merekomendasikan tiga nama. Cuma ketika itu yang dua orang tidak hadir, hanya ada Pak Anies saja (yang hadir), jadi kita nyebutnya Pak Anies saja," ungkap politikus yang akrab disapa Ustaz Hai itu dalam keterangannya, Jumat (7/10/2022).

Meski begitu, dia menegaskan, bahwa tiga nama tokoh tersebut telah disampaikan kepada DPW PPP DKI Jakarta untuk diajukan kepada DPP PPP sebagai Capres 2024.

Dia mengungkapkan alasan merekomendasikan Anies dan Sandiaga sebagai Capres dari eksternal PPP karena keduanya dinilai memiliki latar belakang yang mumpuni sebagai pemimpin. Anies Baswedan dianggap sukses mengemban amanah sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Sementara Sandiaga Uno dinilai memiliki latar belakang pengusaha dan ekonom, sehingga mampu memulihkan ekonomi bangsa pascapandemi Covid-19.

"Kita juga melihat ketika Pilkada DKI 2017, keduanya kompak. Selanjutnya kinerja keduanya, khususnya Bang Sandiaga Uno yang sekarang mampu memulihkan sektor pariwisata untuk membangkitkan ekonomi," ungkap Ustaz Hai.

"Kita sampaikan ketiga nama ke DPP, dan nanti akan disampaikan dalam Mukernas PPP se-Indonesia. InsyaAllah tokoh-tokoh terpilih mampu membawa Indonesia menuju lebih baik," katanya mengakhiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sandiaga Respons Deklarasi Capres Prabowo dan Anies

Politikus Partai Gerindra yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menanggapi pencalonan mantan pasangannya, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan yang akan maju dalam Pilpres 2024.

"Jadi yang sudah dideklarasikan itu Bapak Prabowo, mantan pasangan saya waktu Pilpres 2019, sekarang Bapak Anies dideklarasikan juga, itu mantan pasangan waktu pemilihan gubernur," kata Sandiaga di Denpasar, Bali, Rabu 5 Oktober 2022.

Sandiaga merespons positif kedua calon presiden yang akan maju pada Pemilu 2024 itu. Ia juga menyampaikan doa terbaik di saat dinamika politik semakin meningkat menjelang Pemilu 2024.

"Namun, masalah ekonomi ini yang harus kita lebih kupas tentang apa yang harus kita hadapi menghadapi potensi resesi tahun depan dan inflasi yang kita hadapi tahun ini," ujar Sandiaga Uno yang dikutip dari Antara.

Menurutnya, berkenaan dengan tahapan pemilu hingga penentuan calon nantinya, perlu adanya tawaran solusi atas masalah ekonomi yang sedang terjadi dan potensi yang harus dihadirkan di Indonesia.

Meskipun tak menutup kemungkinan dirinya juga bakal maju dalam pencalonan, Sandiaga menegaskan saat ini hanya fokus kepada tugasnya memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Jadi, di sistem demokrasi kita yang akan menentukan itu adalah partai politik. Saya sendiri sebagai menteri yang bertugas sekarang fokus kepada tugas yang saya jalani sebagai pembantu presiden," ujarnya.

Sandiaga Uno menyebut pada waktu yang tepat, ia akan menerima tugas yang dilimpahkan partai politik. Hingga saat ini Sandiaga mengaku sudah ada pembicaraan terkait Pemilu 2024.

"Pembicaraan akan terus, dinamika akan terus cair, tapi saya akan fokus ke masalah ekonomi bukan siapa didukung siapa, siapa dipasangkan siapa, tapi apa konsep kita untuk menghadapi ekonomi yang semakin bergejolak, semakin tidak pasti, semakin kompleks," kata Menparekraf tersebut.

Tak ada target dari dirinya sendiri untuk diusung sebagai calon presiden atau calon wakil presiden. Seluruh keputusan, kata dia, menjadi kewenangan partai.

Sandiaga mengaku tak berambisi dan berusaha fokus untuk memberi yang terbaik bagi pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Nantinya apa yang diputuskan oleh partai politik terus sebagai menteri atau diminta berpasangan dengan Prabowo, atau dipasangkan sama Anies. Sama Bapak Prabowo sama Bapak Anies kita sudah kenal sangat dekat, atau sama yang baru mungkin Bapak Ganjar atau tokoh lain kita tidak tahu," ujar Sandiaga kepada wartawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.