Peresmian 3 Daerah Otonomi Baru di Papua, Pemkab Jayawijaya Siap Jadi Tuan Rumah

Oleh Fachri pada 07 Okt 2022, 20:05 WIB
Diperbarui 07 Okt 2022, 20:05 WIB
Kementerian Dalam Negeri.
Perbesar
Tinjauan dilakukan oleh Tim Kelompok Kerja (Pokja) III Satuan Tugas (Satgas) Pengawalan DOB Provinsi Papua Pegunungan, Kamis (6/10/2022). (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Wamena Kesiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab Jayawijaya menjadi tuan rumah peresmian 3 Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua semakin terlihat. Kesiapan tersebut berdasarkan hasil tinjauan yang dilakukan oleh Tim Kelompok Kerja (Pokja) III Satuan Tugas (Satgas) Pengawalan DOB Provinsi Papua Pegunungan, Kamis (6/10/2022).

Peninjauan itu dipimpin oleh Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah (FDPPD) Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumule Tumbo selaku Ketua Pokja III.

Menurut Sumule, Kabupaten Jayawijaya sebagai ibu kota Provinsi Papua Pegunungan menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah peresmian DOB yang akan dilakukan secara bersamaan.

"Dari segi letak geografis yakni di tengah-tengah antara Provinsi Papua Tengah dan Papua Selatan, lokasi Kabupaten Jayawijaya dinilai strategis untuk pemusatan acara peresmian tersebut," katanya.

"Masyarakat merasa bangga bila peresmian dilakukan di Provinsi Papua Pegunungan. Untuk itu, pihaknya terus mendorong seluruh jajaran agar lebih optimal dalam mempersiapkan peresmian Provinsi Papua Pegunungan," tambah Sumule.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Kementerian Dalam Negeri.
Perbesar
Peninjauan lokasi gedung yang bakal difungsikan sebagai lokasi pemerintahan. (Foto: Istimewa)

Saat ini, Tim Pokja III terus memacu persiapan peresmian Provinsi Papua Pegunungan. Upaya itu salah satunya dilakukan dengan meninjau beberapa lokasi gedung yang bakal difungsikan sebagai lokasi pemerintahan. Peninjauan tersebut turut dihadiri Inspektur Wilayah I Kemendagri Bahtiar Sinaga dan Bupati Jayawijaya John Richard Banua.

Peninjauan dilakukan ke sejumlah gedung yang terdapat di wilayah tersebut. Mulai dari gedung dinas pendidikan, pertanian, serta balai pendidikan dan pelatihan (diklat).

Selain meninjau gedung, tim juga mengecek sarana prasarana (sarpras) yang ada di setiap gedung yang bakal difungsikan sebagai kantor pemerintahan Provinsi Papua Pegunungan. Adapun untuk sarpras yang belum memadai bakal direnovasi oleh pihak Pemkab Jayawijaya agar lebih optimal.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya