Sukses

Heru Budi Hartono Jadi Pj Gubernur Jakarta, Wagub DKI: Pak Heru, Selamat Ya

Heru Budi Hartono ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai PJ Gubernur DKI Jakarta berdasarkan sidang Tim Penilai Akhir (TPA).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengucapkan selamat atas terpilihnya Heru Budi Hartono sebagai Penjabat Gubernur (Pj) Gubernur pengganti Anies Baswedan. Heru ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta berdasarkan sidang Tim Penilai Akhir (TPA).

"Saya tentu mengucapkan selamat siapapun yang dipilih Pak Presiden, Pak Mendagri yang kami dengar informasinya Pak Heru, selamat ya," Kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Riza menyampaikan bahwa Heru merupakan salah satu orang lama di DKI Jakarta. Menurut Riza di bawah kepemimpinan Heru Budi, Jakarta bisa menjadi lebih baik.

"Beliau orang lama di sini. Saya yakin di bawah kepemimpinan beliau, Pemda di Jakarta bisa berjalan dengan baik lagu dan meneruskan program-program yang ada ya," ujar Wagub Riza.

"Selamat buat Pak Heru dan semuanya dapat bekerjasama dengan baik, Insya Allah," lanjut Riza.

Selain itu, menurut Riza, Heru sesuai kriteria Pejabat Gubernur DKI Jakarta. Heru, kata Riza sudah mengerti dan paham seluk beluk Jakarta.

Terpisah, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi membenarkan informasi soal terpilihnya Heru Budi sebagai Pj Gubernur pengganti Anies Baswedan ini.

"Iya, Insya valid lah," ujar dia.

Kendati demikian, Prasetio tidak merinci kapan informasi itu secara resmi diumumkan. Namun, ia memastikan kabar terpilihnya Heru Budi sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta valid dan benar adanya.

"Valid, valid Insyaallah," ucapnya lagi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Istana Tunjuk Heru Budi Hartono Sebagai Pj Gubernur DKI Gantikan Anies

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, ditunjuk pihak Istana menggantikan Anies Baswedan sebagai Penjabat Gubernur DKI. Hal itu dikonfirmasi dari sejumlah informasi yang diperoleh Liputan6.com, Jumat (7/10/2022).

"Iya valid," kata seorang sumber yang diterima Liputan6.com, Jumat (7/10/2022).

Namun saat dikonfirmasi langsung, Heru sendiri sampai saat ini belum menjawab pesan singkat dan telepon awal redaksi Liputan6.com.

Selain itu, Staf Khusus Menteri Dalam Negeri Bidan Politik dan Media, Kastorius Sinaga mengatakan bahwa benar hari ini Tim Penilai Akhir (TPA) untuk PJ DKI sudah dilakukan.

"Kita tunggu saja Keputusan Presiden (Keppres) atas PJ DKI keluar karena memang kita berpegang pada Keppres," singkat dia saat dihubungi terpisah.

3 dari 3 halaman

Tidak Menampik

Heru sebelumnya sempat berujar, bahwa dirinya tidak menampik jika jabatan itu diamanahkan kepada dirinya. Dia hanya meminta semua pihak bersabar karena masih menjadi misteri.

"Tanggapannya, hari esok itu penuh misteri. Jadi, kita tunggu aja kedatangan misteri," kata Heru kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 30 September 2022.

Heru pada saat itu mengaku belum mengetahui apakah Kementerian Dalam Negeri sudah mengirim surat soal usulan nama Pj Gubernur DKI Jakarta kepada Presiden Jokowi. Pasalnya, hal ini di bawah wewenang Sekretariat Kabinet Pramono Anung.

"Belum, belum ada. Saya enggak tahu, mungkin itu di bawah kewenangan Pak Seskab. Saya belum tahu sudah dikirim atau sedang proses," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini