Menpora Laporkan Soal Evaluasi Stadion ke Jokowi

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 07 Okt 2022, 16:18 WIB
Diperbarui 07 Okt 2022, 16:18 WIB
Menpora : Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang Jangan Sampai Rusak Sepakbola Kita
Perbesar
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyatakan, telah melaporkan hasil perkembangan temuan dari Tragedi di Stadion Kanjuruhan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Laporan teranyarnya, Zainudin mengaku turut melibatkan Kementerian Negeri (Kemendagri) dalam evaluasi dan nasib stadion di seluruh Indonesia.

“Kenapa Kemendagri, karena seluruh stadion itu miliknya pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota, jadi tidak ada klub yang punya stadion, itu mereka (klub) nyewa,” kata Zainudin di Istana Negara Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Kepada Jokowi, Zainudin mengaku juga sudah mengumpulkan seluruh basis pemdukung klub bola se-Indonesia. Dia memastikan jika semua berkomitmen untuk menjauh hal provokasi agar insiden serupa tidak pernah kembali terjadi.

“Semua berkomitmen menjaga jangan sampai terjadi lagi. Termasuk suporter, pimpinan suporter dari empat yang biasanya sangat terkenal itu, baik suporter Persija, suporter Arema, suporter Persib, suporter Persebaya, kemarin saya undang dan mereka menyatakan kita akan stop untuk bisa seperti kemarin lagi,” kata politisi Partai Golkar ini.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Bakal Ditindak

Zainudin memastikan, jika ke depan provokasi masih ditemui dari kelompok suporter, maka mereka akan ditindak sesuai dengan kewenangan PSSI.

“Jadi kalau ada yang masih bandel juga akan diatur, tentu itu kewenangan PSSI ya,” urai Zainudin.

 

Infografis Pembentukan TGIPF dan Penyidikan Tragedi Kanjuruhan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Pembentukan TGIPF dan Penyidikan Tragedi Kanjuruhan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya