Kapan Sidang Etik Brigjen Hendra Kurniawan atas Dugaan Pembunuhan Brigadir J Digelar?

Oleh Benedikta Ave Martevalenia pada 07 Okt 2022, 15:33 WIB
Diperbarui 07 Okt 2022, 15:33 WIB
11 Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J Diserahkan ke Kejaksaan Agung
Perbesar
Dua tersangka kasus obstruction of justice pembunuhan berencana Brigadir J, Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria ditunjukkan petugas saat proses pelimpahan berkas perkara tahap dua kasus di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (5/10/2022). Penyidik Bareskrim Polri menyerahkan 11 tersangka dan barang bukti kepada Kejaksaan Agung dalam pelimpahan tahap dua terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir J dan obstruction of justice yang salah satunya menjerat mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) belum menggelar sidang etik terhadap Brigjen Hendra Kurniawan, salah satu tersangka obstruction of justice penyidikan pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Saat dikonfirmasi terkait kapan jadwal sidang akan digelar, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah juga menyatakan bahwa pihaknya belum mendapatkan informasi dari Komisi Kode Etik Polri (KKEP).

"Sementara belum terinformasi ke kami", jawab Nurul saat dihubungi, Jumat (7/10/2022).

Sebelumnya, para tersangka obstruction of justice dan tersangka pembunuhan Brigadir J sudah dilimpahkan ke kejaksaan pada Rabu, 5 Oktober 2022 lalu di Gedung Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum), Jakarta Selatan.

Diketahui, usai menandatangi berkas pelimpahan tahap II, Ferdy Sambo akhirnya buka suara kepada publik sambil meminta maaf kepada keluarga Brigadir J.

"Saya menyampaikan permohonan maaf kepda pihak-pihak yang sudah terdampak atas perbuatan saya, termasuk Ibu dan Bapak dari Yoshua," tutur Ferdy di Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu, 5 Oktober kemarin. 

Mantan Kadiv Propam tersebut mengaku bahwa perbuatannya merupakan bentuk luapan emosinya atas apa yang terjadi kepada istrinya, Putri Candrawathi. 

Menaggapi hal tersebut, kuasa hukum Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak mengatakan, permintaan maaf Ferdy Sambo kepada keluarga mantan ajudannya tersebut merupakan hal yang selama ini ditunggu.

"Itu yang saya tunggu-tunggu selama ini, kalau dia minta maaf dan tidak membuat fitnah-fitnah kan bisa saya bantu dia," ucap Kamaruddin.

Namun, menurut Kamaruddin, permintaan maaf Sambo secara pribadi ke keluarga Brigadir J sampai saat ini belum dilakukan. 

"Belum ada, sampai saat ini belum tahu", tandas Kamaruddin.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pengacara: Keluarga Brigadir J Akan Hadiri Sidang Ferdy Sambo Cs

Kasus Ferdy Sambo dan Putri Chandrawati Segara Disidangkan
Perbesar
Tersangka kasus Pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J , Ferdy Sambo saat keluar dari gedung Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Jakarta, Rabu (5/10/2022). Polri menyerahkan para tersangka dan barang bukti kasus pembunuhan berencana Brigadir J ke Kejaksaan Agung (Kejagung). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kuasa hukum keluarga Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak mengatakan, pihak keluarga Brigadir J akan hadir di persidangan Ferdy Sambo.

"Keluarga Brigadir J masuk semua, ada 11 orang," kata Kamaruddin Simanjuntak kepada wartawan, Kamis, 6 Oktober 2022. 

Dia juga membenarkan bahwa keluarga Brigadir J akan diperiksa juga saat persidangan kasus pembunuhan berencana itu.

"Betul", tegas Kamaruddin. 

Dia mengatakan, akan membantu Ferdy Sambo jika sejak awal mau berkata jujur dan bertobat mengenai pembunuhan Brigadir J

"Misalnya dari awal dia mengatakan saya menyesal, saya khilaf, saya emosi, atau saya terhasut oleh anak buah saya misalnya. Pasti saya bantu. Tapi kalau dia sadar dan bertobat saya janji saya akan bantu dia", kata dia.

Namun, lanjut Kamaruddin, Ferdy Sambo terus membuat alibi palsu. "Ya kita hajar terus," sambung dia.


Kebut Berkas Dakwaan Ferdy Sambo Cs

11 Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J Diserahkan ke Kejaksaan Agung
Perbesar
Dua tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J, Kuat Ma’ruf dan Ricky Rizal ditunjukkan petugas saat proses pelimpahan berkas perkara tahap dua kasus di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (5/10/2022). Penyidik Bareskrim Polri menyerahkan 11 tersangka dan barang bukti kepada Kejaksaan Agung dalam pelimpahan tahap dua terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir J dan obstruction of justice yang salah satunya menjerat mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kejaksaan Agung (Kejagung) berkomitmen segera menuntaskan berkas dakwaan kasus kematian Brigadir J dan melimpahkannya ke pengadilan. Hal itu demi segera disidangkannya Ferdy Sambo dan tersangka lainnya.

"Paling lambat Senin sudah dilimpahkan ke pengadilan," tutur Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejagung Fadil Zumhana di Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (5/10/2022).

Menurut Fadil, dengan persidangan yang segera dilangsungkan maka akan mempercepat kejelasan kepastian hukum terhadap tersangka dan korban. Termasuk dapat memangkas ongkos dan efisiensi waktu dalam penyelenggaraan sidang.

"Kami ingin perkara ini segera mendapatkan keadilan dan kepastian hukum sehingga tidak menunda nunda dakwaan ke pengadilan," kata Fadil.

Polri menyerahkan para tersangka dan barang bukti kasus kematian Brigadir J ke Kejagung. Seluruhnya kemudian akan langsung ditahan di penempatan penjara yang telah ditentukan.

Infografis Kronologi Baku Tembak Anak Buah Irjen Ferdy Sambo Versi Polisi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Kronologi Baku Tembak Anak Buah Irjen Ferdy Sambo Versi Polisi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya