Sukses

Polisi Jadwalkan Ulang Pemeriksaan Rizky Billar pada 13 Oktober 2022

Polisi menjadwalkan ulang pemanggilan terhadap Rizky Billar untuk dimintai keterangan sebagai saksi. Agenda pemeriksaan direncanakan pada Kamis, 13 Oktober 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menjadwalkan ulang pemanggilan terhadap Rizky Billar untuk dimintai keterangan sebagai saksi. Agenda pemeriksaan direncanakan pada Kamis, 13 Oktober 2022.

Permintaan pengunduran jadwal datang dari Rizky Billar. Penasihat hukumnya memberitahukan kepada penyidik Unit PPA Polres Metro Jakarta Selatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan, tim penasihat Rizky Billar menemui penyidik pada pukul 13.30 WIB.

"Lawyer Rizky Billar meminta tunda pemeriksaan kepada Rizky Billar menjadi tanggap 13 Oktober," kata Zulpan kepada wartawan, Kamis (6/10/2022).

Zulpan mengatakan Rizky Billar turut menjelaskan ketidakhadiran pada panggilan dalam kasus KDRT terhadap sang istri, Lesti Kejora.

"Alasannya karena ada kesibukan lagi yang tidak bisa ditinggalkan terkait pekerjannya," ujar dia.

Terpisah, Penasihat hukumnya, Adek Erfil Manurung menyampaikan, pihaknya menyerahkan surat ke Kanit Reskrim Unit PPA Polres Metro Jakarta Selatan terkait permintaan pengunduran jadwal pemeriksaan. Saat itu, dipesankan pula bahwa perubahan jadwal untuk terakhir kali.

"Ya Mereka minta jangan diundur-undur lagi, tanggal 13 tuh. Kalau bisa sudah pasti tanggal 13," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rizky Billar Bantah KDRT ke Lesti Kejora

Rizky Billar membantah melakukan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Penasihat hukumnya, Adek Erfil Manurung menyampaikan, tudingan kliennya membanting Lesti Kejora tidak benar.

Dia bersama tim penasihat lainnya mengaku telah mengamati rekaman CCTV. Di samping itu, juga mendapatkan penjelasan secara langsung dari Rizky Billar.

"Jadi begini. Sebenarnya kalau kata-kata banting-banting itu, itu tidak benar. Dibanting-banting berkali-kali tidak benar," kata dia di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (6/10/2022).

Erfil menerangkan, kliennya saat itu sedang adu argumen dengan Lesti Kejora. Saat persoalan belum kelar, kliennya memilih pergi ke kamar mandi. Namun, dikejar oleh Lesti Kejora.

"Dia (Lesti) menarik Rizky Billar, kalungnya sampai putus itu Rizky Billar menepis," ujar Erfil.

Erfil mengatakan, Lesti Kejora terjatuh di lantai kamar mandi. Hal ini diklaim Erfil sesuai dengan pernyataan Lesti dan juga Rizky Billar.

"Saya tanya ke Rizky Billar, saya tanyakan 'apakah benar itu kebanting-kebanting' oh tidak bang' saya juga tanyakan ke Dede, ke Lesti maksudnya. Lesti bilang bukan 'dibanting' tapi kebanting," ujar Erfil.

Sementara itu, Erfil tak berkenan menjawab luka-luka lain pada tubuh Lesti Kejora, misalnya, luka bekas cekikan. Erfil berdalih tak mau mendahului penyidik.

"Nanti biar ada pemeriksaan saja," ujar dia.

3 dari 4 halaman

Lesti Kejora Sering Dapat KDRT dari Rizky Billar

Lesti Kejora ternyata sudah sering diperlakukan kasar oleh suaminya Rizky Billar. Fakta itu terungkap dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Unit PPA Polres Metro Jakarta Selatan.

"Terkait Lesti Kejora, KDRT yang dialaminya itu bukan pertama kali yang dilaporkan tanggal 28 September itu," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, Rabu (5/10/2022).

Zulpan menerangkan, selama ini Lesti Kejora memendam sendiri perlakuan kasar yang diterima dari sang suami. Tapi, belakangan Lesti Kejora merasa tak tahan lagi sehingga memilih melaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Ketika itu, Lesti Kejora hendak meminta penjelasan Rizky Billar terkait perselingkuhan. Namun, Rizky malah marah dan berujung pada KDRT. Begitulah peristiwa pada Rabu 28 September 2022.

"Sebelumnya dia sering mengalami KDRT. Nah kemudian itu puncaknya dia sudah tidak tahan lagi dia melapor," ujar dia.

Zulpan mengungkapkan salah satu tindakan Rizky Billar kepada Lesti Kejora selain melakukan kekerasan. Dia menyebut, Rizky Billar pernah melemparkan bola biliar ke arah Lesti Kejora. Lemparan meleset sehingga tak mengenai kepala Lesti Kejora.

"Pernah juga si Rizky Billar emosi, marah dengan Lesti Kejora itu melempar bola biliar, tapi si Rizky kepeleset sehingga bola itu tidak kena. Coba bayangkan bola itu dilempar kalau kena kepala gimana bisa pecah," ujar Zulpan

  

4 dari 4 halaman

Pengacara: Psikis Rizky Billar Terganggu karena Netizen

Penasihat Hukum artis Rizky Billar mengungkap, kliennya mengalami gangguan mental usai terseret kasus dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Rizky Billar sejatinya akan dimintai keterangan sebagai saksi terlapor di Polres Metro Jakarta Selatan pada hari ini, Kamis (6/10/2020).

Namun, kedatangannya diwakilkan oleh penasihat hukum Adek Erfil Manurung. Dia mengatakan, ketidakhadiran kliennya karena alasan kesehatan.

"Terganggu psikisnya dia lagi memanggil ustaz, dia ada kesibukan tidak bisa datang ke mari," kata Erfil di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis.

Erfil menerangkan, pemberitaan tentang KDRT yang menyasar kliennya menjadi salah satu faktor pemicu. Ditambah lagi, komentar-komentar miring warganet. Hal itu berdampak pada psikologis Rizky Billar, juga orangtuanya.

"Tadi saya sudah katakan psikis terganggu terkait medsos yang ditayangkan berita narasi yang dibangun kurang baiklah tidak sepantasnya dilakukan netizen. Jadi psikisnya terganggu. Ibunya juga terganggu psikisnya," ujar dia.

Erfil menerangkan, pihaknya akan menyampaikan surat penundaan pemeriksaan kepada penyidik. Adapun, kliennya meminta pemeriksaan diundur pekan depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.