Sukses

Songsong Peresmian Pemprov Papua Pegunungan, Kemendagri Pastikan Kembali Segala Persiapan

Pokja III Satgas Pengawalan Daerah Otonom Baru kembali memastikan berbagai persiapan dalam menyongsong peresmian Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan.

Liputan6.com, Wamena Menyongsong peresmian Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan, Kelompok Kerja (Pokja) III Satuan Tugas (Satgas) Pengawalan Daerah Otonom Baru (DOB) kembali memastikan berbagai persiapan dan segala kebutuhan.

Upaya ini dilakukan menyikapi perkembangan pemenuhan dukungan pemerintah daerah (Pemda) pada cakupan Provinsi Papua Pegunungan mulai dari sarana dan prasarana, anggaran, kebutuhan ASN dan berbagai kebutuhan teknis lainnya.

Ketua Pokja III sekaligus Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah (FDPPD) Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumule Tumbo mengatakan, salah satu aspek yang harus dipastikan pemenuhannya adalah terkait dukungan anggaran dari Pemda Kabupaten Papua Se-Pegunungan. 

Dia mengatakan, pelaksanaan perjanjian pemberian hibah yang telah disepakati terus dipantau perkembangannya.

“Kami juga (memastikan) bahwa Pemda Jayawijaya telah menyiapkan kelengkapan kantor antara lain meubelair, mesin fotocopy dan Aset lain sesuai kebutuhan". ujar Sumule di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Selasa (4/10/2022).

Sumule menyampaikan bahwa Satgas Pengawalan DOB menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Bupati Jayawijaya, Bupati Yahukimo (Ketua Asosiasi Bupati pegunungan), Ketua DPRD Jayawijaya, Sekretaris Daerah, kapolres Jayawijaya, Kapolres Yahukimo, Dandim 1702 Jayawijaya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Se-Papua Pegunungan.

Rakor tersebut antara lain membahas jumlah OPD , sarana dan prasarana, serta ketersediaan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan.

Lebih lanjut Sumule berharap pada minggu ini segala kebutuhan tersebut dapat terpenuhi sekitar 80 hingga 90 persen. Dengan demikian, Satgas Pengawalan DOB dapat memfinalisasi sejumlah aspek yang dinilai masih belum terpenuhi dan dapat membantu percepatan persiapan peresmian Provinsi Papua Pegunungan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.