Sukses

Anies Baswedan Akan Temui AHY di DPP Demokrat Jumat Besok

Ketua DPP Demokrat mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menemui Ketua Umum AHY di kantor DPP Demokrat pada Jumat besok, 7 Oktober 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon menyatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mendatangi kantor DPP Demokrat pada Jumat besok, 7 Oktober 2022.

"Benar. Jika tidak ada aral merintang rencana memang begitu, besok pagi Mas Anies akan berkunjung ke DPP Demokrat," kata Jansen pada wartawan, Kamis (6/10/2022).

Jansen menyebut, kedatangan Anies untuk bersilaturahmi dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Bertemu Mas Ketum AHY. Nanti sore rilis detail atau resminya ya," kata dia.

Sementara itu, Partai Nasdem resmi mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menjadi calon presiden 2024. Deklarasi itu disampaikan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta, Senin 3 Oktober 2022.

"Akhirnya Nasdem memilih seorang sosok Anies Rasyid Baswedan,”"kata Paloh yang diikuti riuh tepuk tangan.

Dia mengungkapkan, ada alasan tersendiri Nasdem mendukung Anies Baswedan untuk maju sebagai Capres 2024. Paloh menegaskan, Nasdem memiliki keyakinan pikiran dalam perspektif secara makro dan mikro atas pilihannya ini.

"Kami mempunyai keyakinan pikiran dalam persepektif secara makro dan mikro sejalan dengan apa yang kami yakini. Kami ingin menitipkan perjalanan ini ke depan insyaAllah jika Anies ini terpilih menjadi presiden. Pimpinlah bangsa ini menjadi bangsa bermartabat, bangsa yang mampu membentuk karakter bangsa ini," ujar dia.

"Mengapa Anies Baswedan? Jawabannya, Why Not The Best," imbuh Paloh.

Anies yang hadir langsung di acara tersebut, menyambut baik pendeklarasian ini. Dia pun tersenyum seraya mendengarkan pidato Surya Paloh.

Pantauan di lokasi, Anies duduk di mimbar depan panggung deklarasi dengan duduk bersebelahan dengan Surya Paloh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Demokrat Sambut Baik Nasdem Usung Anies Baswedan Jadi Capres 2024

Partai Demokrat menyambut baik langkah Partai Nasdem yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024. Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, deklarasi terhadap Anies telah diketahui partainya dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai calon mitra koalisi.

"Demokrat menyambut baik langkah Nasdem yang hari ini menetapkan Anies Baswedan sebagai calon presiden dari Partai Nasdem untuk Pilpres 2024, berikut juga deklarasi hari ini sebelumnya juga sudah dikomunikaskan dengan kami," kata Herzaky di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Pria karib disapa Zaky ini mengatakan, hal-hal substantif selanjutnya soal deklarasi koalisi antara partainya dengan Nasdem dan PKS atau pun sosok pasangan atau yang akan dipasangkan dengan Anies akan segera dibahas.

"Dalam penentuan capres dan cawapres, ketiga partai ini sepakat untuk memiliki semangat perubahan dan perbaikan, juga komunikasi yang sudah baik akan terus berlanjut," ucap Zaky.

Anies Baswedan saat ini sudah dideklarasikan oleh Partai Nasdem sebagai capres 2024. Menyambut deklarasi itu, Anies mengaku siap untuk mengemban amanah tersebut.

"Dengan mengucap Bismilah, saya siap," kata Anies di NasDem Tower hari ini

3 dari 4 halaman

Demokrat: Anies dan AHY Kalau Berdialog Kayak 2 Pendekar Tingkat Tinggi

Ketua DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia mengibaratkan keduanya bagai pendekar adu kekuatan ketika berdialog.

Hal itu menanggapi deklarasi Anies sebagai calon presiden dari NasDem. Demokrat pun mendukung pencalonan Anies sebagai capres.

"Jadi kalau misalnya, kami melihat Mas AHY dan Mas Anies bertemu kalau berdialog atau berdiskusi itu seru. Kayak dua pendekar di tingkat tertinggi lagi jejal pukulan. Tapi saling mengisi satu sama lain," ujar Herzaky di kantor DPP Demokrat, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Menurut dia, Anies dan AHY cocok kalau dipasangkan. Terlebih, lanjut dia, kedekatan keduanya sudah lama terjalin. Bahkan ketika masih di militer, AHY sempat bertemu dengan Anies dalam sejumlah acara.

"Ada beberapa kegiatan yang mereka terlibat intens. Di situ mulai terjalin chemistry atau kedekatan yang ternyata sekarang ketemu lagi," kata Herzaky.

4 dari 4 halaman

Akbar Tandjung Dukung Anies Baswedan Maju Capres 2024

Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar Akbar Tandjung terang-terangan mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden atau capres 2024.

Hal tersebut disampaikan Akbar Tandjung saat menghadiri peresmian Tugu 66 yang direlokasi ke Taman Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2022).  

Menurut dia, Anies punya peluang yang cukup kuat untuk menjadi Presiden RI. Secara pribadi, Akbar menyatakan mendukung Anies maju di kontestasi pemilihan umum (Pemilu) sebagai capres 2024.

"Saya bangga bahwa beliau menjadi capres pada Pemilu 2024 yang akan datang, bahwa kuat peluang untuk menjadi presiden. Maka, saya ungkapkan mendukung beliau sebagai capres," ujar Akbar, Rabu (5/10/2022).

Lebih lanjut, Akbar menilai Anies sebagai sosok yang tepat untuk menjadi Presiden penerus Jokowi. Pasalnya, Akbar menyebut Anies merupakan sosok yang pintar dan paham tentang kepemimpinan.

"Beliau orang pintar, seorang akademisi, tapi juga seorang yang betul-betul memiliki kepemimpinan yang jauh ke depan tentang pembangunan Indonesia," ucap dia.

Akbar mengatakan, DKI Jakarta selama lima tahun terakhir ini berada di bawah kepemimpinan yang tepat. Sehingga, kata dia, akan lebih tepat lagi apabila Anies memimpin Indonesia sebagai presiden.

"Jakarta dipimpin gubernur yang tepat dan lebih tepat lagi bahwa beliau akan menjadi presiden," ucap  Akbar Tandjung menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.