Sukses

Potret Akrab Prabowo dan Megawati saat Hadiri Upacara HUT ke-77 TNI di Istana

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bersama Ketua DPR Puan Maharani turut menghadiri upacara HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka. Kedatangannya langsung disambut Menhan Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI yang digelar di halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu (5/10/2022). Keduanya pun tampak akrab dan duduk bersebelahan.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com dari Youtube Sekretariat Presiden, Megawati yang memakai baju merah tiba di mimbar kehormatan bersama Ketua DPR RI Puan Maharani, sebelum upacara berlangsung. Dia duduk di sebelah Prabowo yang telah tiba terlebih dahulu.

Prabowo pun menyapa kedatangan Megawati sambil tersenyum. Kedua ketua umum partai politik itu terlihat saling berbincang akrab. Bahkan, Megawati dan Prabowo sama-sama tertawa.

<p>Potret keakraban Menhan Prabowo Subianto dengan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri saat menghadiri upacara HUT ke-77 RI. (Youtube Sekretariat Presiden)</p>

Tampak hadir dalam Upacara HUT ke-77 TNI, Ketua DPR RI Puan Maharani, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menko Polhukam Mahfud Md, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Lalu, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, Ketua KPK Firli Bahuri, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional, Andi Widjajanto, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, hingga Kepala BSSN Hinsa Siburian.

<p>Potret keakraban Menhan Prabowo Subianto dengan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri saat menghadiri upacara HUT ke-77 RI. (Youtube Sekretariat Presiden)</p>

Adapun Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara HUT ke-77 RI. Jokowi memberikan penghargaan tanda kehormatan kepada sejumlah prajurit TNI yang dinilai telah menjalankan tugasnya melebihi tugas pokok.

Peringatan HUT ke-77 TNI ini juga dimeriahkan dengan defile pasukan TNI dan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Defile tersebut dimulai dari depan Istana Merdeka sampai ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pamerkan Alutsista TNI di Depan Istana

Dalam perayaan HUT ke-77 ini, alutsista milik TNI juga dipajang di depan halaman Istana Merdeka. Adapun masyarakat diberi kesempatan untuk melihat beberapa kendaraa tempur terbaru milik TNI.

Sejumlah alutsista yang dipajang antara lain, Meriam 155 MM Caesar milik TNI AD buatan Perancis, MPCV Multipurpose Combat Vehicle buatan Perancis yang memiliki jarak tembak hingga 6,5 kilometer, dan Radar MCP Mistral.

Selanjutnya, Oerlikon Skyshield milik Kopasgat TNI AU buatan Swiss, hingga MLRS RM 70 Vampire yang biasa digunakan Marinir TNI AL.

Kepala Staf Umum TNI, Letnan Jenderal TNI Eko Margiyono, menjelaskan bahwa ini bukan kali pertama HUT TNI digelar di Istana. Menurutnya, ada banyak pertimbangan sebelum Istana diputuskan menjadi tempat upacara HUT TNI tahun ini.

"Tahun lalu kembali lagi juga kita laksanakan di Istana, tahun ini melakukan di Istana, ini juga menjadi banyak hal pertimbangan, tapi pada intinya Bapak Presiden ingin menyaksikan secara lebih dekat kalau dilaksanakan di Istana. Tapi intinya bukan tahun ini saja, tahun-tahun sebelumnya juga sudah kita lakukan," ujar Eko, Jumat 30 September 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.