Sukses

HUT ke-77 TNI Digelar di Istana Merdeka Hari Ini, Prabowo hingga Megawati Hadir

Peringatan HUT ke-77 TNI ini juga akan dimeriahkan dengan defile pasukan TNI dan alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI digelar di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu (5/10/2022). Adapun Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara (Irup) HUT ke-77 TNI.

Pantauan Liputan6.com, sejumlah tamu undangan dan pejabat negara sudah mulai hadir di Istana Merdeka pada pukul 07.30 WIB. Sementara itu, upacara akan dimulai sejak pukul 08.00 WIB.

Tampak hadir dalam Upacara HUT ke-77 TNI, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menko Polhukam Mahfud Md, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Lalu, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, Ketua KPK Firli Bahuri, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional, Andi Widjajanto, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, hingga Kepala BSSN Hinsa Siburian.

Peringatan HUT ke-77 TNI ini juga akan dimeriahkan dengan defile pasukan TNI dan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Defile tersebut dimulai dari depan Istana Merdeka sampai ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Dalam perayaan HUT ke-77 ini, alutsista milik TNI juga dipajang di depan halaman Istana Merdeka. Adapun masyarakat diberi kesempatan untuk melihat beberapa kendaraa tempur terbaru milik TNI

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Alutsista TNI Dipamerkan

Sejumlah alutsista yang dipajang antara lain, Meriam 155 MM Caesar milik TNI AD buatan Perancis, MPCV Multipurpose Combat Vehicle buatan Perancis yang memiliki jarak tembak hingga 6,5 kilometer, dan Radar MCP Mistral.

Kemudian, Oerlikon Skyshield milik Kopasgat TNI AU buatan Swiss, hingga MLRS RM 70 Vampire yang biasa digunakan Marinir TNI AL.

Selain di Istana, upacara HUT ke-77 TNI juga akan digelar di masing-masing daerah. Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono  menyebut HUT ke-77 ini bertujuan untuk menunjukkan soliditas TNI secara menyeluruh.

"Intinya kita ingin pada upacara HUT TNI yang sekarang ini kita ingin menunjukkan soliditas TNI secara menyeluruh," pungkas Eko, Jumat 30 September 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • HUT TNI