HUT ke-77, Wapres Sebut TNI Harus Bisa Tangkal Berbagai Serangan dan Ancaman

Oleh Liputan6.com pada 05 Okt 2022, 07:48 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 07:49 WIB
FOTO: Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-76 TNI di Istana Merdeka
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyopiri golf car yang ditumpangi Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Iriana dan Wury Estu Handayani saat meninjau pameran Alutsista TNI pada upacara HUT ke-76 TNI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021). (Foto: Istana Kepresidenan)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun ke-77 Tentara Nasional Indonesia atau HUT TNI ke-77. Menurutnya, TNI telah mempersembahkan banyak prestasi membanggakan dan mendapat kepercayaan luar biasa dari rakyat Indonesia.

"Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI). Selama 77 tahun, TNI telah mempersembahkan banyak prestasi yang membanggakan sekaligus pengorbanan sehingga mendapatkan kepercayaan yang luar biasa dari rakyat Indonesia," kata Ma'ruf, Rabu (5/10/2022).

Ma’ruf menyebut, TNI merupakan pilar penopang kedaulatan penjaga keutuhan wilayah dan pelindung negara dari segala bentuk gangguan dan ancaman. TNI juga menjadi bagian penting dalam upaya pemulihan pasca-terjadinya gangguan di tengah masyarakat.

"Kini perkembangan zaman menunjukkan bahwa benteng pertahanan dan keamanan negara kita, harus mampu menangkal berbagai serangan dan ancaman, baik konvensional maupun non-konvensional, baik fisik maupun non fisik seperti disinformasi, kebocoran data dan paham radikalisme," ucapnya.

Menurut Wapres, tanggung jawab dan tantangan ketiga matra TNI bertambah berat dalam menjaga dan melindungi Ibu Pertiwi. Dengan tuntutan yang besar ini, maka seluruh prajurit TNI di manapun berada harus terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas.

"Semoga TNI dapat terus menjaga dan melindungi tegaknya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945 serta mengawali upaya pemerintah dalam membangun bangsa menuju Indonesia maju," ucapnya.

"Sekali lagi, Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia semoga Allah SWT Yang Maha Esa senantiasa memberikan inayahnya dan meridhai setiap ikhtiar yang kita lakukan," kata Ma'ruf Amin memungkasi.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Jokowi Pimpin Upacara HUT TNI di Istana

FOTO: Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-76 TNI di Istana Merdeka
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan pidato saat menjadi inspektur upacara HUT ke-76 TNI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021). (Foto: Istana Kepresidenan)

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI akan digelar di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu 5 Oktober 2022.

Adapun Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara (Irup) HUT ke-77 TNI.

"Upacara HUT TNI tahun ini akan diselenggarakan di lapangan Istana Merdeka yang biasanya juga digunakan untuk perayaan HUT RI," kata Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (30/9/2022).

"Rangkaian kegiatannya adalah upacara seperti biasa, dimana Irup-nya direncanakan Bapak Presiden RI," sambungnya.

Kendati bukan kali pertama, dia mengatakan bahwa banyak pertimbangan hingga akhirnya HUT TNI digelar di Istana Kepresidenan Jakarta. Namun Jokowi ingin melihat lebih pelaksanaan HUT ke-77 TNI sehingga diputuskan dilaksanakan di Istana.

"Ini juga banyak hal pertimbangan, tapi pada intinya Pak Presiden ingin menyaksikan secara lebih dekat kalau dilaksanakan di Istana. Tapi intinya bukan tahun ini saja, tahun-tahun sebelumnya juga sudah dilakukan," ujarnya.


Jalan di Sekitar Istana Ditutup

Jelang HUT TNI, Sederet Alutsista Diparkir di Kawasan Istana Merdeka
Perbesar
Pengendara melintas saat sejumlah kendaraan alat utama sistem senjata (alutsista) TNI berjajar di kawasan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (4/10/2022). Kegiatan ini dalam rangka HUT ke-77 TNI yang akan berlangsung di Istana Merdeka pada 5 Oktober besok. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kepolisian menutup sejumlah ruas jalan di kawasan Istana Negara dan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI.

Perayaan HUT TNI ke-77 ini akan berlangsung di kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, hari ini Rabu (5/10/2022). Sejumlah alat utama sistem persenjataan (Alutsista) sudah dipamerkan di sejumlah ruas jalan ring 1 sejak beberapa hari.

Mengutip postingan instagram @tmcpoldametro, penutupan jalan di kawasan Istana dan Monas akan dilakukan hari ini sejak pukul 04.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Para pengendara untuk sementara diimbau tidak melewati kawasan tersebut.

Berikut Pengalihan Arus Lalu lintas:

1. Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk Menuju Jalan Majapahit atau Jalan Merdeka Utara Di Alihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto

2. Arus lalu lintas Dari Jalan Veteran raya menuju Jalan VETERAN II diluruskan ke Terminal harmoni

3. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur Menuju Jalan Medan Merdeka Utara di alihkan ke Jalan Perwira

4. Arus lalu lintas dari Jalan Kebon Sirih menuju Jembatan Serong di alihkan ke kiri ke Jalan MH Thamrin Arah Bundaran HI

5. Arus lalu lintas dari Jalan KH. WAHID HASYIM menuju Blok O di alihkan ke kiri ke Jalan MH Thamrin arah Bundaran HI

6. Arus lalu lintas dari Jalan Wahid Hasyim menuju Tugu Tani di alihkan ke kiri Jalan MH. THAMRIN arah bundaran Patung Kuda

7. Arus lalu lintas dari Jalan Kebon sirih menuju Tugu Tani di alihkan ke kiri Jalan MH. THAMRIN arah Bundaran Patung Kuda;

8. Arus lalu lintas dari Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan di alihkan ke Jalan Medan Merdeka Barat;

9. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Majapahit di alihkan KE Tanah Abang

10. Arus lalu lintas dari Abdul Muis menuju Jalan Museum ditutup.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya