Sukses

Fraksi PDI Perjuangan Dukung Pembentukan Pansus Tragedi Kanjuruhan

Fraksi PDI Perjuangan mendorong dibentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk mengusut secara tuntas dan transparan insiden kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang.

Liputan6.com, Jakarta Peristiwa kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang pada Sabtu Malam (1/10) dan menelan ratusan korban jiwa menjadi perhatian masyarakat dunia. Ucapan duka dan belangsungkawa mengalir deras melalui berbagai platform media sosial dan digital. Akibat insiden tersebut, kompetisi Liga Indonesia diberhentikan sementara sampai dilakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan dan keamanan penyelenggaraan sepak bola.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Utut Adianto turut menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga korban yang meninggal dari Tragedi Kanjuruhan, Malang. Ia juga menyampaikan bahwa fraksinya mendorong dibentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk mengusut secara tuntas dan transparan insiden kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang. 

"Intinya mencari solusi, jadi nanti kalau memang dibentuk Pansus, Fraksi PDI Perjuangan DPR RI mendukung," kata Utut dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (3/10)

Dia menjelaskan pembentukan Pansus tersebut agar mendapatkan jawaban yang lebih komprehensif terkait kejadian yang menimbulkan ratusan korban jiwa tersebut.

Menurut dia, pembentukan Pansus tersebut lebih tepat sehingga masyarakat tidak berasumsi yang kejelasannya tidak bisa dipertanggungjawabkan. Dia menjelaskan pembentukan Pansus tersebut lebih kepada simpati yang harapannya agar kejadian di Stadion Kanjuruhan tidak akan terulang lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Megawati Berikan Perhatian Besar pada Tragedi Kanjuruhan

Dalam konferensi pers tersebut, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Eriko Sutarduga mengatakan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan perhatian besar terhadap tragedi di Stadion Kanjuruhan. 

Menurut Ketua DPP PDI Perjuangan itu, beberapa saat setelah kejadian, Megawati langsung memanggil jajaran pengurus dan Fraksi PDIP di DPR RI.

"Kemarin saya dipanggil Ketua Umum untuk menyampaikan kejadian di Kanjuruhan. Kami diminta untuk menindaklanjuti, memang kami sudah koordinasi dengan Mas Utut, seluruh kader dari Daerah Pemilihan Malang, dan meminta Ahmad Basarah berangkat ke Malang," katanya.

Disebutkan olehnya, PDI Perjuangan secara khusus juga menginstruksikan kepada pengurus DPD PDIP Jawa Timur dan DPC Malang untuk mengunjungi keluarga korban untuk takziah dan mengikuti pengajian. Selain itu menginstruksikan untuk memberikan santunan kepada keluarga korban. 

"Apabila keluarga korban kerja di swasta PDIP akan komunikasi ke BPJS agar bisa segera disalurkan. Mendukung bupati untuk merawat korban tanpa biaya," katanya.

Bukan hanya itu saja, menurut Eko, DPP PDI Perjuangan juga meminta DPD PDIP Jawa Timur dan DPC PDI Perjuangan Malang agar memberi dukungan rumah sakit supaya bisa memberikan fasilitas cepat tanggap terhadap korban.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini