Fraksi PDI Perjuangan Dukung Pembentukan Pansus Tragedi Kanjuruhan

Oleh Gilar Ramdhani pada 03 Okt 2022, 17:46 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 17:47 WIB
Rieke Dyah Pitaloka Dicopot dari Baleg DPR
Perbesar
Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (9/7/2020). (Liputan6.com/Johan Tallo).

Liputan6.com, Jakarta Peristiwa kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang pada Sabtu Malam (1/10) dan menelan ratusan korban jiwa menjadi perhatian masyarakat dunia. Ucapan duka dan belangsungkawa mengalir deras melalui berbagai platform media sosial dan digital. Akibat insiden tersebut, kompetisi Liga Indonesia diberhentikan sementara sampai dilakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan dan keamanan penyelenggaraan sepak bola.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Utut Adianto turut menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga korban yang meninggal dari Tragedi Kanjuruhan, Malang. Ia juga menyampaikan bahwa fraksinya mendorong dibentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk mengusut secara tuntas dan transparan insiden kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang. 

"Intinya mencari solusi, jadi nanti kalau memang dibentuk Pansus, Fraksi PDI Perjuangan DPR RI mendukung," kata Utut dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (3/10)

Dia menjelaskan pembentukan Pansus tersebut agar mendapatkan jawaban yang lebih komprehensif terkait kejadian yang menimbulkan ratusan korban jiwa tersebut.

Menurut dia, pembentukan Pansus tersebut lebih tepat sehingga masyarakat tidak berasumsi yang kejelasannya tidak bisa dipertanggungjawabkan. Dia menjelaskan pembentukan Pansus tersebut lebih kepada simpati yang harapannya agar kejadian di Stadion Kanjuruhan tidak akan terulang lagi.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Megawati Berikan Perhatian Besar pada Tragedi Kanjuruhan

Aksi Seribu Lilin untuk Korban Kerusuhan Kanjuruhan di GBK
Perbesar
Massa yang tergabung dalam Ultras Garuda Jakarta mengikuti aksi menyalakan lilin dan tabur bunga untuk korban kerusuhan Stadion Kanjuruhan Malang di depan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (2/10/2022). Aksi tersebut sebagai aksi solidaritas antar suporter dan bentuk keprihatinan atas tragedi kerusuhan suporter sepak bola di Stadion Kanjuruhan Malang. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Dalam konferensi pers tersebut, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Eriko Sutarduga mengatakan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan perhatian besar terhadap tragedi di Stadion Kanjuruhan. 

Menurut Ketua DPP PDI Perjuangan itu, beberapa saat setelah kejadian, Megawati langsung memanggil jajaran pengurus dan Fraksi PDIP di DPR RI.

"Kemarin saya dipanggil Ketua Umum untuk menyampaikan kejadian di Kanjuruhan. Kami diminta untuk menindaklanjuti, memang kami sudah koordinasi dengan Mas Utut, seluruh kader dari Daerah Pemilihan Malang, dan meminta Ahmad Basarah berangkat ke Malang," katanya.

Disebutkan olehnya, PDI Perjuangan secara khusus juga menginstruksikan kepada pengurus DPD PDIP Jawa Timur dan DPC Malang untuk mengunjungi keluarga korban untuk takziah dan mengikuti pengajian. Selain itu menginstruksikan untuk memberikan santunan kepada keluarga korban. 

"Apabila keluarga korban kerja di swasta PDIP akan komunikasi ke BPJS agar bisa segera disalurkan. Mendukung bupati untuk merawat korban tanpa biaya," katanya.

Bukan hanya itu saja, menurut Eko, DPP PDI Perjuangan juga meminta DPD PDIP Jawa Timur dan DPC PDI Perjuangan Malang agar memberi dukungan rumah sakit supaya bisa memberikan fasilitas cepat tanggap terhadap korban.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya