Sukses

Demokrat Tetap Berharap AHY Maju di Pilpres 2024, Posisi Menyesuaikan

Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra memastikan, partainya tetap mendorong ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk dapat maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra memastikan, partainya tetap mendorong ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk dapat maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

Meski demikian, untuk posisi calon presiden atau wakil presiden, menurutnya itu akan menyesuaikan.

"Ya kalau dari internal kami Demokrat menginginkan AHY maju di Pilpres. tapi maju bisa jadi calon presiden (atau) calon wakil presiden,” kata Herzaky di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Dia mengungkapkan, partainya saat ini realistis dengan hanya bermodal memiliki 9,36 persen kursi di Parlemen. Padahal, syarat ambang batas mengusung calon presiden dan wakil presiden harus mengantongi minimal 20 persen.

Artinya, lanjut dia, Demokrat tentu membutuhkan rekan koalisi agar dapat mengusung calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024.

"Sehingga tentu kita akan komunikasi dengan teman-teman yang akan menjadi mitra koalisi, nanti (dipilih) mana calon terbaik. katakanlah dengan Nasdem, dengan temen PKS kita lihat nanti kita akan usung capresnya siapa," jelas Herzaky.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hormati NasDem

Soal NasDem yang telah mengusung Anies Baswedan sebagai calon presidennya, Herzaky memastikan partainya menghormati keputusan tersebut sebagai langkah kemandirian partai yang berdaulat dan tidak boleh diintervensi.

"Kami sangat seneng menyambut baik apa yang dilakukan Nasdem hari ini karena mengupayakan independensi dan kemandirian Nasdem," dia menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.