Tragedi Kanjuruhan Arema vs Persebaya, Ucapan Duka Datang dari Seluruh Dunia

Oleh Devira Prastiwi pada 03 Okt 2022, 16:16 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 16:16 WIB
Potret Tragedi Kerusuhan Stadion Kanjuruhan Malang yang Tewaskan 127 Orang
Perbesar
Polisi dan tentara berdiri di tengah asap gas air mata saat kerusuhan pada pertandingan sepak bola antara Arema Vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, 1 Oktober 2022. Ratusan orang dilaporkan meninggal dunia dalam tragedi kerusuhan tersebut. (AP Photo/Yudha Prabowo)

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya Indonesia, ucapan duka juga mengalir dari dunia, terkait tragedi Kanjuruhan pada Sabtu malam 1 Oktober 2022 usai laga Arema vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Bagaimana tidak, tragedi Kanjuruhan itu menelan ratusan nyawa melayang dan korban luka-luka diduga karena gas air mata yang disemprotkan aparat demi mencegah kericuhan terjadi.

Salah satu ucapan duka disampaikan Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins. Dalam utasnya, Dubes Jenkins turut mendoakan para korban dan keluarga atas tragedi Kanjuruhan.

"Turut berduka cita atas jatuhnya korban jiwa dalam insiden yang terjadi di pertandingan sepak bola di Malang. Doa kami menyertai keluarga para korban 🙏," tulis Dubes Owen Jenkins di akun Twitter @DubesInggris yang dikutip Minggu 2 Oktober 2022.

Selain itu, Duta Besar Jerman untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste, Ina Lepel melalui akun @JermanAmbJaka juga menyampaikan belasungkawanya atas tragedi Kanjuruhan.

"The tragedy at #Kanjuruhan #Malang marks a sad day in the history of football. In the name of all staff at #KeduBesJerman I wish to express our deepest condolences. Our thoughts and prayers are with the families of the deceased and the injured. #PrayForKanjuruhan (Tragedi #Kanjuruhan #Malang menandai hari yang menyedihkan dalam sejarah sepakbola. Atas nama seluruh staf di #KeduBesJerman saya ingin menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Pikiran dan doa kami bersama keluarga almarhum dan yang terluka. #BerdoaUntukKanjuruhan)," kata Dubes Ina Lepel.

Tak hanya itu, sejumlah klub sepak bola besar dunia turut merasakan keprihatinan yang mendalam atas tragedi Kanjuruhan, misalnya Manchester United (MU).

Melalui akun Twitter resmi Klub berbahasa Indonesia, @ManUtd_ID, MU mengutarakan rasa bela sungkawa kepada Indonesia.

"Manchester United sangat berduka atas tragedi yang terjadi di Malang dan kami berduka cita yang sedalam-dalamnya untuk para korban dan keluarganya. Tidak ada sepak bola seharga nyawa manusia," tulis klub, dikutip Senin (3/10/2022).

Bahkan, Paus Fransiskus juga turut menyampaikan doa dan pikirannya kepada para korban tewas dan terluka di tragedi Kanjuruhan Malang.

Berikut sederet ucapan duka dari berbagai penjuru dunia terkait tragedi Kanjuruhan pada Sabtu malam 1 Oktober 2022 usai laga Arema vs Persebaya Surabaya dihimpun Liputan6.com:

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Pemain Sepak Bola Dunia

Foto: Suasana Mencekam Kericuhan usai Laga Arema FC Vs Persebaya Surabaya Pada Laga Lanjutan BRI Liga 1 2022/2023
Perbesar
Polisi dan tentara pun akhirnya turun untuk mengamankan situasi. Kalah jumlah personil, mereka pun terlihat beberapa kali menembakkan gas air mata dalam kerusuhan suporter usai laga Arema Vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) malam. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Sejumlah tokoh sepak bola dunia, yaitu pemain dan pelatih menyampaikan rasa duka cita terkait tragedi Kanjuruhan pada Sabtu malam 1 Oktober 2022 usai laga Arema vs Persebaya Surabaya:

- Javier Roca, pelatih Arema FC, tim Indonesia yang pertandingannya melawan Persebaya Surabaya menjadi lokasi tragedi.

"Fans tewas di pelukan pemain. Mental saya hancur. Saya merasakan beban berat, bahkan tanggung jawab berat," kata Javier Roca.

- Mantan bintang Inggris Wayne Rooney

"Sedih mendengar kejadian di Stadion Kanjuruhan di Indonesia tadi malam. Berita mengejutkan," ucap Wayne Rooney.

- Bek Spanyol Sergio Ramos

"Memilukan. Pikiran kami bersama para korban dan keluarga mereka," ucap Sergio Ramos.

- Kapten wanita Inggris Leah Williamson

"Pikiran saya bersama semua orang yang terkena dampak tragedi ini. Indonesia memiliki tempat khusus di hati saya," terang Leah Williamson.

- Mantan striker Inggris Michael Owen

"Berita menghebohkan datang dari Indonesia tentang peristiwa di stadion Kanjuruhan di Malang. Pikiran saya bersama semua orang yang terkena dampak," ucap Owen.

- Manajer Manchester City Pep Guardiola

"Mengerikan, benar-benar mengerikan. Dunia ini gila ... Pikiran terbaik untuk keluarga," tutup Pep Guardiola.

 


2. Klub Sepak Bola Dunia

Foto: Nasib Malang Sepak Bola Indonesia, 127 Orang Kehilangan Nyawa di Stadion Kanjuruhan
Perbesar
Sebanyak 127 orang meninggal dalam kerusuhan suporter yang pecah seusai pertandingan derbi Jawa Timur, Arema FC kontra Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur. (AP/Yudha Prabowo)

Sejumlah klub sepak bola besar dunia turut merasakan keprihatinan yang mendalam atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang Jawa Timur, Sabtu 1 Oktober 2022. Klub-klub tersebut mengucapkan turut berduka cita kepada masyarakat Indonesia atas tragedi Kanjuruhan.

Tak hanya itu, beberapa pertandingan liga sepak bola dunia yang digelar setelah terjadinya insiden tersebut, melakukan penghormatan sebelum pertandingan dimulai dengan mengheningkan cipta dalam beberapa menit.

Adapun, berikut beberapa ucapan dari berbagai klub besar dunia atas terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang Jawa Timur yang memakan banyak korban.:

- Manchester United

Salah satu klub besar Liga Inggris, Manchester United (MU) turut berduka atas insiden tersebut. Melalui akun Twitter resmi Klub berbahasa Indonesia, @ManUtd_ID, MU mengutarakan rasa bela sungkawa kepada Indonesia.

“Manchester United sangat berduka atas tragedi yang terjadi di Malang dan kami berduka cita yang sedalam-dalamnya untuk para korban dan keluarganya. Tidak ada sepak bola seharga nyawa manusia,” tulis klub, dikutip Senin (3/10/2022).

- Arsenal

Ucapan berbela sungkawa juga datang dari klub Liga Inggris lainnya yaitu Arsenal. Dalam sebuah unggahan di akun Instagram resmi klub, Arsenal menuliskan rasa kesedihannya atas insiden yang terjadi.

“Kami sangat sedih mengetahui peristiwa di Malang di Stadion Kanjuruhan Indonesia hari ini. Bersama dengan semua orang yang menemukan koneksi melalui sepak bola, pikiran kami bersama semua orang yang terkena dampak tragedi ini,” tulis pihak dalam keterangan pada postingan di Instagram.

- Real Madrid

Raksasa Liga Spanyol, Real Madrid juga turut mengungkapkan rasa dukanya soal tragedi yang terjadi di Malang. Klub tersebut juga melakukan momen mengheningkan cipta di stadion Santiago Bernabeu sebelum pertandingan dimulai.

“Santiago Bernabeu mengheningkan cipta selama satu menit sebelum kick-off untuk mengenang mereka yang tewas dalam tragedi di stadion Kanjuruhan, di pulau Jawa (Indonesia),” tulis Real Madrid dalam postingan di Instagram.

- Tottenham Hotspur

Ucapan duka juga datang dari klub Liga Inggris lainnya yaitu, Tottenham Hotspur, dikutip dari akun Twitter resmi klub berbahasa Indonesia, @Spurs_ID, mereka mengungkapkan rasa duka cita tragedi di stadion Kanjuruhan.

“Tottenham Hotspur ingin menyampaikan belasungkawa kepada semua korban dan keluarga atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan,” tulis klub.

- Ajax Amsterdam

Lalu klub sepakbola ternama dari Belanda juga turut mencuitkan keprihatinannya dan menolak kekerasan di dalam pertandingan sepakbola.

“Kami sangat berduka atas tragedi di Malang, Indonesia. Seharusnya tidak pernah ada kekerasan di pertandingan sepak bola. Pikiran semua orang di Ajax bersama semua yang terkena dampak,” tulis akun Twitter @AFCAjax, Minggu (2/10/2022).

- Barcelona

Kemudian, klub sepakbola ternama Barcelona dari Liga Spanyol juga menuturkan keprihatinannya dengan menolak kekerasan di dalam dan luar stadion.

"FC Barcelona turut berduka atas tragedi yang terjadi di #kanjuruhan dan kami menolak segala tindakan kekerasan di dalam dan di luar stadion. Belasungkawa sedalamnya bagi para korban dan keluarga mereka. #Indobarça," tulis akun Twitter @fcbarcelona_id.

 


3. Para Dubes

Potret Tragedi Kerusuhan Stadion Kanjuruhan Malang yang Tewaskan 127 Orang
Perbesar
Suporter memasuki lapangan saat terjadi kerusuhan pada pertandingan sepak bola antara Arema Vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, 1 Oktober 2022. Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dalam jumpa pers di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu, mengatakan dari 127 orang yang meninggal dunia tersebut, dua di antaranya merupakan anggota Polri. (AP Photo/Yudha Prabowo)

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins menyampaikan belasungkawa dalam utasnya terhadap para korban dan keluarga tragedi Kanjuruhan.

"Turut berduka cita atas jatuhnya korban jiwa dalam insiden yang terjadi di pertandingan sepak bola di Malang. Doa kami menyertai keluarga para korban 🙏," tulis Dubes Owen Jenkins di akun Twitter @DubesInggris yang dikutip Minggu 2 Oktober 2022.

Kemudian,Duta Besar Jerman untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste, Ina Lepel, melalui akun @JermanAmbJaka juga menyampaikan belasungkawanya atas tragedi Kanjuruhan.

"The tragedy at #Kanjuruhan #Malang marks a sad day in the history of football. In the name of all staff at #KeduBesJerman I wish to express our deepest condolences. Our thoughts and prayers are with the families of the deceased and the injured. #PrayForKanjuruhan (Tragedi #Kanjuruhan #Malang menandai hari yang menyedihkan dalam sejarah sepakbola. Atas nama seluruh staf di #KeduBesJerman saya ingin menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Pikiran dan doa kami bersama keluarga almarhum dan yang terluka. #BerdoaUntukKanjuruhan)," kata Dubes Ina Lepel.

Selain itu, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengucapkan belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. Pesan duka ini atas tragedi Kanjuruhan Malang disampaikan dalam Telegram resmi Kedubes Rusia.

"Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobievadan seluruh staf Kedubes Rusia di Jakarta mengucapkan belasungkawa yang mendalam terkait tragedi di Malang," demikian bunyi pernyataan tersebut dikutip dari akun Telegram Kedubes Rusia, Senin (3/10/2022).

"Turut berduka cita bersama dengan kerabat mereka yang meninggal dunia. Mengharapkan agar mereka yang luka-luka cepat pulih kembali," tutupnya.

 


4. Paus Fransiskus

FOTO: Paus Fransiskus Pimpin Misa Malam Paskah Tanpa Jemaat
Perbesar
Paus Fransiskus menyampaikan pesan saat memimpin Misa Malam Paskah di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Sabtu (11/4/2020). Paus mengatakan bahwa ketakutan orang-orang saat ini sama seperti ketakutan para pengikut Yesus sehari usai diri-Nya disalibkan. (Remo Casilli/Pool Photo via AP)

Paus Fransiskus menyampaikan doa dan pikirannya kepada para korban tewas dan terluka di tragedi Kanjuruhan Malang, insiden paling mematikan dalam sejarah sepak bola Indonesia.

"Saya berdoa untuk mereka yang kehilangan nyawa dan yang terluka setelah bentrokan yang meletus setelah pertandingan sepak bola di Malang, Indonesia," kata Paus Fransiskus dikutip dari laman Vatican News, Senin (3/10/2022).

Infografis Ragam Tanggapan Tragedi Arema di Stadion Kanjuruhan. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Ragam Tanggapan Tragedi Arema di Stadion Kanjuruhan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya