Sukses

Demokrat Sambut Baik Nasdem Usung Anies Baswedan Jadi Capres 2024

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah resmi menjadi calon presiden untuk Pilpres 2024 yang diusung oleh partai Nasdem.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat menyambut baik langkah Partai Nasdem yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024. Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, deklarasi terhadap Anies telah diketahui partainya dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai calon mitra koalisi.

"Demokrat menyambut baik langkah Nasdem yang hari ini menetapkan Anies Baswedan sebagai calon presiden dari Partai Nasdem untuk Pilpres 2024, berikut juga deklarasi hari ini sebelumnya juga sudah dikomunikaskan dengan kami," kata Herzaky di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Pria karib disapa Zaky ini mengatakan, hal-hal substantif selanjutnya soal deklarasi koalisi antara partainya dengan Nasdem dan PKS atau pun sosok pasangan atau yang akan dipasangkan dengan Anies akan segera dibahas.

"Dalam penentuan capres dan cawapres, ketiga partai ini sepakat untuk memiliki semangat perubahan dan perbaikan, juga komunikasi yang sudah baik akan terus berlanjut," ucap Zaky.

Anies Baswedan saat ini sudah dideklarasikan oleh Partai Nasdem sebagai capres 2024. Menyambut deklarasi itu, Anies mengaku siap untuk mengemban amanah tersebut.

"Dengan mengucap Bismilah, saya siap," kata Anies di NasDem Tower hari ini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nasdem Usung Anies Baswedan Capres 2024

Partai Nasdem mengumumkan calon presiden yang akan didukungnya di Pilpres 2024 nanti.

"Nasdem melihat satu sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami berkeyakinan baik secara makro atau mikro, jika saudara Rasyid Baswedan terpilh menjadi presiden, pimpinlah bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat," kata Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Gedung Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Kenapa Anies Baswedan, jawabannya adalah why not the best," kata Surya dalam pidatonya.

Surya Paloh juga meminta kadernya untuk mengawal pencapresan Anies ke depan dan tidak sungkan untuk menegur salah dan benar. Nasdem sebelumnya menominasikan tiga nama Capres 2024 dalam Rakernas beberapa waktu lalu.

3 dari 4 halaman

Soal Cawapres, Surya Paloh: Nasdem Serahkan Hak Penuh ke Anies Baswedan

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memastikan, memberikan hak dan otoritas penuh kepada Anies Baswedan untuk memilih sendiri calon wakil presidennya. Menurut Paloh, tidak akan ada intervensi dari pihak partai.

"Langsung kasih prioritas ke Bung Anies," kata Surya Paloh saat mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024 di NasDem Tower Jakarta, Senin (3/10/2022).

Menurut Paloh, kalau calon wakil Anies harus dipilihkan maka khawatir ada ketidakcocokan dengan Anies sebagai calon presidennya.

"(Misal dipilihkan) gimana kalau tidak cocok? Belum-belum cari penyakit," ujar Paloh.

Paloh yakin, dengan memberi hak penuh kepada Anies Baswedan untuk memilih wakilnya maka akan terjadi kekompakan dalam tatanan pemerintahan.

"Kita ingin kekompakan dan ketika kita yakin dengan capres kita, nah pilih wakil yang pilih," tandas Paloh.

 

4 dari 4 halaman

Jadi Capres Pilihan Nasdem, Anies Minta Izin Tuntaskan Masa Jabatan Jadi Gubernur Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah resmi menjadi calon presiden untuk Pilpres 2024 yang diusung oleh partai Nasdem.

Meski demikian, dia meminta izin untuk menuntaskan pekerjaannya sebagai kepala daerah. 

"Tepat tanggal 16 Oktober kami tuntas, izinkan kami menuntaskan yang di Jakarta sampai dengan tuntasnya tanggung jawab yang diamanahkan oleh rakyat Jakarta. Izinkan nanti kami mengembalikan amanah dan mandat dari rakyat Jakarta datang tampak muka, pulang tampak punggung," kata dia di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Sesudah itu, lanjut Anies, siap memulai soal pencapresan terkait Pemilu 2024.

"Sedudah itu, kita bersiap membangun kolaborasi yang solid, bersiap untuk melaksanakan apa yang diamanahkan oleh partai NasDem sebagai bagian dari tanggung jawab kita untuk negeri ini dan Isyaallah niat baik, keinginan luhur yang menjadi cita-cita kita akan bisa tercapai," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.