Imbas Longsor, Dua Ruas Jalan di Area Bantargebang - Mustikajaya Bekasi Ditutup

Oleh Bam Sinulingga pada 03 Okt 2022, 05:55 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 05:59 WIB
Ilustrasi Tanah Longsor-2
Perbesar
Ilustrasi Tanah Longsor

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menutup sementara Jalan Haji Djole dan Jalan Pangkalan 1A. Penutupan dua ruas jalan di area Bantargebang-Mustikajaya ini menyusul adanya pengerjaan perbaikan imbas terkena longsor, Kamis (29/9/2022).

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi, Arief Maulana mengatakan perbaikan jalan yang rusak saat ini sedang dalam tahap pengecoran. Terdapat sejumlah titik lubang di jalan yang diperbaiki.

Karena itu pihaknya memutuskan menutup sementara kedua ruas jalan untuk mempercepat pengerjaan.

"Penutupan jalan dilakukan mulai hari ini secara bergantian di setengah badan jalan, sampai seluruhnya layak digunakan," kata Arief, Minggu (2/10/2022).

Arief menjelaskan, pengerjaan perbaikan jalan penghubung Kota Bekasi dengan Kabupaten Bogor itu, telah disesuaikan dengan jenis tanah, kondisi medan, serta metode konstruksi.

Berdasarkan perhitungan, kata dia, proses perbaikan diperkirakan akan memakan waktu hingga akhir tahun atau bisa lebih cepat dari itu.

Menurutnya, pengerjaan pengecoran di ruas jalan tersebut memerlukan waktu sekitar satu bulan ke depan. Karena itu pihaknya menginformasikan kepada pengguna jalan untuk menghindari ruas jalan yang sedang ditutup.

"Kawasan tersebut ditutup karena terjadi longsor beberapa waktu lalu dan saat ini sedang kami lakukan perbaikan menggunakan konstruksi penurapan dengan teknik bored pile," paparnya.

Untuk menghindari kepadatan kendaraan di kedua ruas jalan tersebut, Arief mengimbau agar pengendara mencari jalur alternatif yang lebih nyaman dan aman.

"Tetap berhati-hati dan selalu menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan," imbuhnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Longsor Nyaris Putus Akses Bekasi - Bogor

Sebelumnya, longsor terjadi di Jalan Villa Nusa Indah, Pangkalan 1A, Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis siang. Insiden ini nyaris memutus akses jalan yang menghubungkan Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor tersebut.

Longsor menutup sebagian badan jalan dan menyisakan satu lajur. Kendaraan yang melintas terpaksa harus bergantian karena pemberlakuan sistem buka tutup.

Panjang longsor disebutkan lebih dari 200 meter dengan kedalaman 10 meter. Longsor disebabkan guyuran hujan deras dan tanah bergerak. Kondisi tanah yang tak stabil diduga akibat adanya pengerjaan proyek jalan di lokasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya