Sukses

Cuaca Besok Selasa 4 Oktober 2022: Jakarta Hujan Sepanjang Hari

Cuaca besok, Selasa 4 Oktober 2022, Jakarta pagi hari langitnya sebagian cerah berawan, juga hujan ringan.

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca besok, Selasa 4 Oktober 2022, Jakarta pagi hari langitnya sebagian cerah berawan, juga hujan ringan. Hujan dengan intensitas ringan diprediksi guyur hampir seluruh Jakarta di pagi hari, kecuali Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Begitu pula siang hari, cuaca hujan berintensitas ringan diperkirakan guyur Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur, sisanya berawan, demikian laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Malam harinya tanpa terkecuali, seluruh langit Jakarta diprediksi turun hujan dengan intensitas ringan.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jakbar, Jaktim dan Jaksel pada sore hingga menjelang malam hari," papar peringatan dini BMKG.

Untuk wilayah penyangganya yaitu Bekasi dan Depok, Jawa Barat, pagi hari diprakirakan berawan, lalu siangnya hujan berintensitas ringan. Di Bekasi, hujan ringan itu diprediksi turun hingga malam.

Sedangkan di Kota Bogor, Jawa Barat, pagi diprakirakan cerah berawan, waspada hujan petir di siang hari.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu antara siang/sore hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang," tegas peringatan dini BMKG.

Untuk Kota Tangerang, Banten, cuaca berawan akan ada di pagi hari, siang hujan ringan, dan malam kembali cerah berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Jakarta Barat  Hujan Ringan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Pusat   Hujan Ringan  Berawan  Hujan Ringan
 Jakarta Selatan   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Timur   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Utara   Hujan Ringan  Berawan  Hujan Ringan
 Kepulauan Seribu   Hujan Ringan  Berawan  Hujan Ringan
 Bekasi   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Depok   Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Hujan Petir  Berawan
 Tangerang  Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi 2-8 Oktober 2022

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap cuaca ekstrem berpotensi terjadi pada 2-8 Oktober 2022. BMKG pun mengimbau warga untuk waspada. 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menyampaikan, ada indikasi terdapat dinamika atmosfer yang signifikan. Dinamika ini dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia.

"Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya belokan dan perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektivitas," ujar Guswanto, seperti dilansir dari Antara, Jakarta, Sabtu 1 Oktober 2022. 

Belum lagi, lanjut dia, aktifnya fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

"Berdasarkan kondisi itu, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 2-8 Oktober 2022," kata dia.

Menurut dia, kondisi cuaca yang demikian berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kep. Riau, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua juga berpeluang mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dari 2 sampai 8 Oktober 2022.

3 dari 3 halaman

BMKG Minta Warga Waspada, Upaya Tekan Dampak

Guswanto mengatakan, selama 1 sampai 3 Oktober 2022 wilayah Sumatera Barat, Bengkulu, dan Jawa Barat statusnya siaga menghadapi dampak hujan lebat.

Dia mengemukakan pentingnya pengecekan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air, penataan lingkungan, pengelolaan sampah, pencegahan penebangan pohon di daerah lereng, dan penghijauan dalam upaya meminimalkan dampak peningkatan curah hujan.

Selain itu, menurut dia, instansi terkait perlu melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh, menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh saat tertiup angin kencang, serta menggencarkan sosialisasi dan edukasi mengenai mitigasi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, angin kencang, dan gelombang tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.