Firli Bahuri: Bahaya Laten Korupsi Harus Diberantas Hingga ke Akar

Oleh Liputan6.com pada 01 Okt 2022, 18:05 WIB
Diperbarui 01 Okt 2022, 18:46 WIB
Ketua KPK, Firli Bahuri
Perbesar
Ketua KPK, Firli Bahuri Ketua KPK, Firli Bahuri (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mendorong semua pihak berani bersikap tegas dan mengambil langkah serius terhadap bahaya laten seperti korupsi. Menurut dia, pemberantasan korupsi harus dilakukan hingga ke akarnya.

"Harus kita ingat, masih ada satu laten jahat, yakni laten korupsi, yang menjadi musuh kita bersama dan wajib diperangi oleh segenap bangsa dan negara," kata Firli dalam keterangan diterima, Sabtu (1/10/2022).

Firli mengatakan, banyak pelajaran yang dapat dipetik dari peringatan insiden tersebut. Salah satunya dalam bersikap tegas untuk melawan ideologi komunis yang bertentangan dengan nilai-nilai agama, kebangsaan, budaya, moral, dan etika di Indonesia.

Firli mengibaratkan, penanganan laten korupsi sama dengan komunis. Sebab, penanganan korupsi hanya bisa diberantas dari jantung sampai ke akar-akarnya.

“Tidak boleh ada intervensi atau upaya sekecil apapun untuk menghambat atau menganulir penanganan laten korupsi yang KPK lakukan,” tegas Firli.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Peran Aktif

Firli mengingatkan, dalam setiap langkah pemberantasan korupsi, KPK selalu mengedepankan seluruh aspek hukum berkeadilan, penyelamatan keuangan dan aset negara juga hak asasi manusia (HAM).

“Pengentasan bahaya laten korupsi memerlukan peran aktif dan konsistensi nasional dari seluruh eksponen bangsa dan negara, agar penanganan kejahatan kemanusiaan mulai dari hulu hingga hilir, dapat berjalan efektif, tepat, cepat, terukur, dan efisien,” dia menambahkan.

Infografis Klaim KPK di Hari Antikorupsi Sedunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Klaim KPK di Hari Antikorupsi Sedunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya